1. Startup

Travellin Masuki Pasar Online dengan Kemudahan Layanan Asuransi Perjalanan

Ikut memeriahkan ranah e-commerce, November lalu PT Asuransi Adira Dinamika menghadirkan Travellin, sebuah produk polis asuransi yang menyasar para pelancong dan siapa saja yang sering berpergian untuk urusan bisnis. Konsep penjualan yang ditawarkan mereka memang mengikuti  gaya online booking pada umumnya, di mana polis asuransi dapat dibeli secara online.

Pembelian dapat dengan mudah dilakukan setelah mendaftar menjadi anggota. Pengisian form anggota yang lengkap, seperti nomor identitas, hingga anggota keluarga seperti pasangan dan anak, bertujuan memudahkan proses pembelian paket polis asuransi yang ditawarkan. Ini akan memangkas waktu dalam pembelian polis, karena pengguna tak perlu lagi mengisi form polis yang tersedia, cukup mengecek apakah semua data untuk keperluan polis asuransinya.

Pembayaran dapat dilakukan dalam berbagai metode, mulai dari kartu kredit, online banking dengan Mandiri Click Pay, hingga e-wallet berupa  XL Tunai. Polis yang akan diterima konsumen berupa e-policy yang dikirimkan melalui email secara langsung setelah pembelian. Semangat online booking tampaknya sangat diusung oleh situs e-commerce yang satu ini. Semuanya pembelian, pembayaran, hingga klaim dilakukan secara online.

Travellin sendiri hadir atas gagasan Donni Gandamana sang Business Director. Idenya dicetuskan pada bulan Februari dan dirumuskan pada Maret 2013, hingga akhirnya situsnya dapat berdiri dan diakses sejak November lalu.

Menurut Travellin, dengan produk, harga, promosi dan metode penjualan yang tepat, mereka optimis bisa meraih sukses dan bersaing di tengah banyaknya layanan serupa di Indonesia.

Menurut Andri  Nugroho, Digital Management  Travellin, “Saat ini aktivitas produksi melalui website Travellin masih di bawah 100 transaksi. Peminat masih banyak untuk paket domestik, namun banyak juga untuk yang melakukan perjalanan luar negeri, perbandingannya dua berbanding satu.”

Satu andalan yang menjadi unggulan adalah Travellin responsif terhadap kebutuhan spesifik masing-masing pelanggan. “Travellin akan menyesuaikan dengan kebutuhan user baik online maupun offline. Sistem yang mudah, stabil, cepat, dan juga produk yang lengkap adalah hal yang dijanjikan pada user. Untuk itu Travellin mengangkat taglineNo Worries. Let’s Travel’.Positioning yang tidak membebani dan menyusahkan para traveler untuk selalu melakukan aktifitasnya berwisata dalam kenyamanan,” lanjut Andri.

Produk asuransi travel yang di tawarkan Travellin memberikan berbagai manfaat perlindungan dari risiko-risiko ketika sedang berpergian di luar negeri atau pun dalam negeri, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misal kebutuhan untuk berlibur perorangan, liburan bersama keluarga, hingga perjalanan bisnis.

Paket Internasional tersedia dalam tiga layanan. Paket Worldwide Executive sebagai paket pertama mencakup perjalanan untuk ke seluruh dunia dengan nominal santunan maksimal untuk rawat inap/cacat permanen/meninggal $50.000. Paket Worldwide Premier memiliki cakupan yang serupa dengan paket sebelumnya, dengan nominal santunan lebih tinggi mencapai USD $100.000. Paket ketiga Asia, paket untuk wilayah seluruh negara benua Asia kecuali Jepang, Australia dan New Zealand.

Area Domestik memiliki dua paket penawaran, yaitu Gold dan Silver. Manfaat yang berikan untuk kedua paket perjalanan dalam negeri ini hampir sama, mencakup santunan cacat tetap, kematian, perawatan medis, kehilangan bagasi, kehilangan dokumen, sampai pembajakan pesawat terbang. Yang berbeda hanya nominal santunan yang diterima. Paket ini dapat dibeli harian, sesuai hari yang dihabiskan selama berlibur.

Manfaat serta kelebihan lain yang ditawarkan adalah cashless  -- kemudahan memperoleh layanan medis tanpa dana tunai khusus area internasional dan menerima layanan klaim selama 24 jam melalui website atau Adira Care (kode area) 500456. Dukungan jaringan internasional dilakukan oleh MAPFRE Asistencia.

Selain paket berpergian yang untuk sendiri atau individual, tersedia paket keluarga yang meliputi keluarga inti seperti ayah ibu dan dua anak (di bawah usia 18 tahun). Namun untuk saat ini paket keluarga hanya tersedia untuk area Internasional saja.

Meski paket dapat dibeli harian sesuai liburan, Travellin juga menyediakan paket tahunan yaitu Multitrip 90 hari dan Multitrip 180 hari yang tersedia hanya untuk area internasional.

Strategi pemasaran Travellin ditekankan melalui sumber online. Andri mengatakan, “Strategi kami adalah penetrasi secara online dan juga sales kami menitikberatkan pada aktivitas online. Selain itu pengembangan di sisi sistem kami juga kami lakukan untuk mengimbangi kebutuhan market online yang semakin tinggi terhadap satu sistem.”

Ke depannya untuk menarik lebih banyak pengguna, Travellin akan melakukan berbagai perbaikan dan menjangkau langsung komunitas-komunitas travelling. “Dalam waktu dekat, sistem Travellin akan lebih disempurnakan. Penetrasi secara online dan komunitas traveling itu menjadi prioritas di jangka pendek ini. Untuk jangka panjang, kami akan fokuskan untuk bisa bekerjasama dengan berbagai maskapai dan online travel booking yang ada,” tutup Andri.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again