11 March 2013

by Iqbal Farabi

Traffic Internet dari Tablet Sudah Mengungguli Smartphone?

Pemahaman mengenai perilaku konsumen pemilik perangkat mobile menjadi sebuah pengetahuan yang semakin penting belakangan ini. Salah satu aspek dari perilaku konsumen ini adalah penggunaan perangkat bergerak untuk mengakses halaman internet. Di Trenologi sendiri, kami sudah beberapa kali mengulas market insight mengenai topik ini dari berbagai sumber seperti Stat Counter dan Net Applications.

Kali ini kami akan mengulas laporan dari Adobe Digital Index. Belum lama ini, Adobe Digital Index merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa traffic penggunaan internet dari tablet telah melebihi traffic penggunaan internet dari ponsel pintar.

Seperti yang bisa dilihat dari grafik di atas, traffic internet dari tablet menurut Adobe telah mencapai angka 8% dari keseluruhan page view situs yang diamati oleh Adobe. Sementara traffic internet dari ponsel pintar hanya mencapai angka 7%. Sisanya, 84% traffic masih berasal dari komputer personal.

Statistik-statistik ini diperoleh dari pengamatan Adobe terhadap lebih dari 1000 situs web dengan total page view sebanyak lebih dari 1 miliar.

Angka ini sepertinya agak bertolak belakang dengan hasil studi dari Stat Counter yang menyatakan bahwa traffic internet dari perangkat bergerak justru dipuncaki oleh Apple di peringkat pertama dengan Samsung di peringkat kedua dan Nokia di peringkat ketiga. Jika saya coba interpretasikan dari data Stat Counter, seharusnya traffic yang lebih besar masih dari ponsel pintar mengingat penjualan terbesar Apple dan Samsung masih berasal dari produk-produk ponsel pintarnya, sementara Nokia sama sekali belum merilis perangkat tablet.

Namun, jika kita pandang secara keseluruhan, laporan mengenai traffic penggunaan internet dari perangkat bergerak memang masih belum serasi antara satu analis dengan analis lainnya. Ketiga analis (Stat Counter, Net Applications, dan Adobe Digital Index) yang sudah kami muat sejauh ini selalu menghasilkan laporan yang cukup berbeda satu sama lain. Ini jauh berbeda dengan analisis penjualan perangkat mobile yang relatif senada antara satu analis dengan analis lainnya, baik itu dari IDC, Gartner, atau Kantar.

Jika Anda tertarik untuk melihat laporan Adobe Digital Index dengan lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

 

[gambar via]