• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

TrackPense Bantu Atur Pengeluaran Anda

TrackPense Bantu Atur Pengeluaran Anda

Posted by
Amir Karimuddin

March 7, 2011

Anda orang yang cermat? Atau sering bingung kenapa uang yang Anda miliki cepat habis? Atau Anda malas secara manual mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Yang ini bukanlah solusi perencanaan keuangan yang Anda harapkan. Kalau itu Anda harus menghubungi perencana keuangan terpercaya.  Diberi nama TrackPense, ini adalah aplikasi berbasis web buatan pengembang lokal yang dapat membantu Anda mengelola pengeluaran sehari-hari.  Well, ada dua artikel tentang aplikasi pencatatan pengeluaran hari ini, nampaknya hal ini sudah menjadi kebutuhan, bukan?

TrackPense akan mencatat segala pengeluaran yang Anda lakukan sehari-hari, termasuk memberikan grafik per harinya tentang total pengeluaran. Anda dapat mengatur limit budget bulanan dan pihak TrackPense akan memberikan “peringatan” saat pengeluaran Anda hampir mencapai budget tersebut. Hanya saja tidak dijelaskan “seberapa dekat” dengan limit tersebut notifikasi diberikan. Juga tidak diinformasikan apakah notifikasi akan dikirimkan via email atau tidak, meskipun saya pikir bakal seperti itu.

Setiap pengeluaran akan dicatat berdasarkan tanggal, nominal, kategori, tag (related issue), dan catatan. Di bagian History, Anda dapat men-track pengeluaran di masa lampau, termasuk grouping berdasarkan kategori. Sementara ini TrackPense baru bisa dinikmati dalam bahasa Inggris dan sudah mengakomodasi lima mata uang, di luar IDR tentunya, yaitu Dollar US  (USD), Poundsterling Inggris (GBP), Dollar Australia (AUD), dan Dollar Singapura (SGD). TrackPense juga sudah mengakomodasi pengaksesan via ponsel. Menurut tulisan di akun Twitter-nya, pengguna TrackPense nantinya akan bisa menambahkan transaksi via email.

Buat saya sendiri fitur TrackPense saat ini terkesan lebih sederhana ketimbang NgaturDuit ataupun amplop.in. Secara UI memang lebih menarik, plus pemanfaatan teknologi AJAX di dalamnya. Meskipun demikian, masih banyak hal yang harus ditambahkan untuk TrackPense yang saat ini bersifat closed beta, di mana untuk mencobainya memerlukan undangan secara terbatas. Sebagai contoh, saya ingin melihat grafis berdasarkan kategori, atau bagaimana seandainya saya ingin menggunakan setidaknya dua mata uang, IDR dan USD, dengan opsi konversi mata uang.

Lebih jauh lagi, dari aplikasi lokal yang Anda sebenarnya buat saya (dan beberapa orang lainnya) killer thing-nya adalah ketersediaan aplikasi mobile-nya. Kalau kita mengeluarkan uang dari saku (pocket), sangatlah nyaman kalau kita mengurus pencatatannya dari pocket dengan aplikasi mobile. Dengan penggunaan bahasa Inggris dan ketersediaan sejumlah mata uang, harusnya aplikasi ini bisa digunakan tidak saja oleh orang Indonesia tapi juga orang luar Indonesia.

Kalau mau mimpi lebih jauh lagi, saya ingin ada aplikasi pencatatan pengeluaran dari Indonesia yang bisa terintegrasi dengan sistem perbankan, semacam Mint. Untuk yang ini bakal lebih ribet karena harus melibatkan Bank Indonesia sebagai regulator.

Info terbaru menyebutkan TrackPense akan masuk fase open beta per malam ini. Seharusnya besok secara bebas Anda dapat mendaftarkan diri untuk mencobai fitur-fiturnya. Silakan ikuti akun Twitter-nya untuk update tentang produk ini.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×