1. Startup

Toyota Indonesia goes social dengan aplikasi untuk berbagai platform

Toyota Indonesia mengikuti trend dengan menerbitkan aplikasi untuk mobile. Tidak tanggung-tanggung, dengan bantuan Better-B, Toyota membuat langsung aplikasi untuk tiga platform sekaligus, yaitu untuk iOS (iPhone dan iPad), Android, dan BlackBerry. Tujuan utama penerbitan aplikasi ini tentu agar konsumen lebih mengenal produk-produk Toyota dan mendapatkan informasi yang terkait dengannya langsung dalam genggaman Anda.

Tentu Anda semua tahu bahwa Toyota adalah produk mobil paling laris di Indonesia. Tentunya tidak afdol jika Toyota tidak mengikuti perkembangan jaman dengan pendekatan digital seperti ini. Sebelumnya Honda, kompetitor terdekat Toyota  di Indonesia, telah merilis aplikasi di platform BlackBerry yaitu iMobili dan Safety Driving yang dibuat oleh Veelabs.

Aplikasi di berbagai platform ini merupakan pendekatan baru dari Toyota setelah sebelumnya menggunakan fitur informasi via SMS dan mobile web - WAP. Secara umum, aplikasi ini memberikan informasi tentang segala yang ingin Anda tahu tentang Toyota, dari update akun Twitter dan Facebook-nya, info lengkap produk dan spesifikasinya, informasi dealer dan bengkel terdekat berdasarkan Location Based System, simulasi layanan kredit dan asuransi dari Toyota Astra Financial Services dan Toyota Insurance, informasi layanan purnajual dan pengingat (reminder) untuk perawatan berkala mobil Anda.

Berikutnya adalah informasi kegiatan komunitas Toyota, kondisi lalu lintas, lokasi ATM, lokasi SPBU dan Rest Area, nomor darurat (rumah sakit, polisi) yang bisa dihubungi, serta hal yang paling Anda butuhkan saat ingin membeli mobil baru -- harga produk-produk terkini Toyota di setiap lini.

Dari sejumlah ulasan yang diberikan pengguna di berbagai platform terdapat mixed reviews, yaitu yang memuji kualitas informasi yang diberikannya tapi juga mengkritik performa aplikasi yang bikin lemot di platform BlackBerry dan selalu force closed di Samsung Galaxy Tab yang menggunakan platform Android.

Satu hal lagi, menurut ulasan di Android Market nampaknya ada yang "tertipu" dengan nama M-Toyota karena mengira ini bersifat global, tapi ternyata hanya untuk produk di Indonesia saja. Nampaknya ada PR harus dikerjakan oleh tim pengembangnya untuk mengakomodasi masukan dari masyarakat ini demi menghasilkan aplikasi yang lebih nyaman. Saya pribadi baru mencobai aplikasinya di platform iOS untuk iPad dan pengalaman saya sangat menyenangkan karena aplikasi ini sangat informatif tentang segala macam hal yang berkaitan dengan produk Toyota.

Informasi mana yang paling berguna untuk Anda dan bagaimana pengalaman Anda mencobai aplikasi di salah satu platform yang sudah tersedia ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again