1. Startup

Tonehighway.com Kini Sudah Bisa Diakses

Seperti janji mereka di artikel DailySocial beberapa hari yang lalu, akhirnya Tonehighway resmi merilis layanan mereka dan masuk dalam taraf public alpha.

Tonehighway merupakan layanan musik via web yang dapat membantu pengguna menemukan, mendengarkan dan membagikan apa yang sedang Anda dengarkan ke jejaring sosial yang sedang populer seperti Facebook dan Twitter.

Tonehighway juga merencanakan berbagai fitur lain, untuk lebih lengkap tentang fitur apa saja yang akan tersedia, bisa cek artikel DailySocial sebelumnya yang membahas Tonehighway.

Tapi mungkin ada dari beberapa pembaca DailySocial yang belum bisa mengakses Tonehighway,tweet dari akun mereka bisa menjelaskan hal ini.

Bagi Anda yang bisa mengakses situs mereka, maka Anda akan disuguhkan langsung oleh musik dari berbagai band/pemusik yang tersedia di Tonehighway, lengkap dengan tampilan semacam 'poster' band/pemusik yang sedang diputar lagunya.

Seperti yang dijelaskan pada artikel DailySocial terdahulu, pengguna juga bisa mengunduh lagu, untuk band/pemusik yang memang menyediakan lagu mereka untuk diunduh, memberi komentar, serta membagikan konten ke Facebook atau Twitter.

Seperti halnya aplikasi musik, terdapat juga tombol pause dan play serta pengaturan volume, serta keterangan singkat tentang band/pemusik, seperti nama, judul lagu, nama album, tahun rilis. Anda juga bisa melihat profil singkat dari band/pemusik tersebut, discography mereka serta daftar lagu yang tersedia di Tonehighway itu diambil dari album mana.

Jika Anda ingin menikmati tampilan gambar band/pemusik secara keseluruhan Anda bisa melakukan klik 'Hide' maka keterangan tombol play serta beberapa keterangan lain akan hilang dari 'poster' tersebut, untuk mengembalikannya, klik 'Show'. Untuk band/pemusik yang menyediakan beberapa 'poster', Anda juga bisa menggantinya.

Lagu-lagu yang tersedia, menurut saya cukup baik, dan tidak didominasi band/pemusik sidestream atau pun yang sudah beranjak ke mainstream dari satu kota saja, saya melihat ada band/pemusik favorit saya Lipstik Lipsing dari Semarang, Pure Saturday dari Bandung, berbagai band/pemusik dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta serta kota lain, termasuk beberapa rilis band/pemusik lokal terbaru seperti Mocca dan Sarasvati, yang baru saja merilis EP mereka, yang kebetulan untuk Sarasvati, saya menghadiri peluncuran EP-nya.

Sayangnya, seperti yang sudah saya duga, faktor jaringan internet memegang peranan penting atau mungkin dikarenakan faktor lain yang menyebabkan lagu tersendat ketika diputar, selain itu, saya tidak menemukan adanya tombol untuk playback secara parsial, jadi kalau Anda ingin mengulang lagu, Anda harus menggeser ke lagu sebelumnya dan kembali lagi ke lagu yang Anda inginkan.

Dan tentu saja karena masih taraf public alpha, beberapa fitur yang saya tunggu seperti informasi gigs yang akan mereka lakukan serta info band/pemusik, belum tersedia, mungkin nanti di taraf beta dan rilis resmi tentunya, semua fitur sudah tersedia, dan yang pasti saya berharap tidak akan ada masalah atas berbagai hal yang berkaitan dengan hak cipta.

Well, saya tidak akan menulis panjang lebar lagi, saya menyarankan Anda untuk mampir ke situs mereka, ini bukan promosi loh ya, justru saya ingin mendengar pendapat para pembaca DailySocial tentang layanan Tonehighway, dan tentu saja memberi saran dan masukkan pada mereka lewat kolom komentar artikel ini, mungkin ada kekurangan yang bisa diperbaiki yang luput dari pengamatan saya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again