1. Startup

This Is New Year, Let's Have Some Fun

Ini satu dari beberapa posting saya di ujung tahun 2009. Sebelum berlibur berikut beberapa aplikasi yang bisa menemani liburan atau yang bisa membuat anda rehat sejenak dari Google Reader dan cek email. :)

Beberapa aplikasi yang saya tulis berikut ini memang bisa digunakan untuk tujuan serius, seperti Klout atau Nebule.us, beberapa memang keren dari ide, tapi mungkin tidak terlalu berguna selain untuk fun, tapi semua situs ini bisa berguna tergantung cara user menggunakannya, minimal beberapa situs mempunyai UI yang keren dan layak untuk mengisi rehat.

Klout dan Nebul.us

Dua aplikasi ini sebenarnya bukan untuk fun, Klout bisa digunakan untuk mengukur kadar infulence anda di social web. Jika ingat buku Seth Godin, Tribe, maka jika anda merasa akan menjadi atau membangun sebuah Tribe, maka aplikasi ini cukup berguna. Anda bisa mengetikkan nama anda dan melihat sampai sejauh mana pengaruh anda di jagat Twitter, masih banyak fungsi dan aplikasi yang ada di situs ini, sambil menunggu pergantian tahun, silahkan mencobanya di sini.

Nebul.us memberikan tampilan cukup menarik dengan lingkaran mirip grafik statistik yang bertujuan untuk memvisualisasikan history on line anda dan membagikannya ke jaringan anda. Situs ini memungkinkan anda untuk melihat bagaimana anda menghabiskan waktu online anda secara private atau anda juga bisa mensharenya ke teman anda, tapi dengan tampilan visual yang tidak membosankan. Aplikasi ini masih dalam taraf private beta, jadi untuk menggunakannya butuh invitation. Ada yang mau mencoba?

Tweet In klingon

Bagi anda yang sangat menggemari film Star Trek pasti tau tokoh Klingon, tapi anda belum tentu mampu berbahasa seperti mereka, Tweet in Klingon memungkinkan merubah tweet anda menjadi kalimat dalam bahasa Klingon. Kegunaan aplikasi ini memang masih bisa dipertanyaakan, tapi yang paling menarik adalah model bisnis. Sistem promo ala situs ini cukup menarik, saya pikir bagi die hard fans Star Trek setidaknya minimal sekali mengunjungi situs ini, dan mencobanya, model bisnis promo produk yang cukup brilian dan fun!

FirstFollower

Ketika jumlah follower anda sudah banyak, tweet anda sudah mencapai jumlah yang tidak mungkin dihitung lagi dan anda adalah pengguna Twitter yang super aktif, mungkin anda sudah lupa dengan follower pertama anda. FirstFollower akan membawa anda pada momen nostalgia untuk mengingat kembali siapa follower pertama anda dan kemudian memberitahukannya pada time line Twitter anda. Waktunya berterimakasih pada follower pertama anda di Twitter. :)

Down Or Not

Situs ini, tampilannya sangat sederhana, tapi bisa jadi sangat berguna bagi anda para pemilik situs. Secara sederhana aplikasi yang tersedia memungkinkan user mengecek apakah sebuah situs tertentu sedang down atau tidak. Anda cukup mengetikkan alamat situs dan situs ini akan mengecek dengan menggunakan 3 random stations yang ada di WatchMouse. Keakurasiannya mungkin masih bisa diperdebatkan, tapi jika anda masih ingat kejadian situs berita TheJakartaGlobe yang sempat eror waktu berita bunuh diri di mall terjadi di jakarta banyak user yang mengklik situs ini dari link Twitter, saya mencoba mengetest dengan Downornot dan it works, data situs ini menunjukkan situs berita itu sedang down.

Tweetrad.io dan Pearltrees

Dua aplikasi ini telah pernah dibahas di Dailysocial. Tweetrad.io adalah Twitter versi suara yang bisa mengkonversikan tweet menjadi suara semacam radio jaman dulu, anda bisa membaca artikelnya di sini, atau langsung menuju situsnya.

Pearltrees juga sebenarnya bukan aplikasi untuk fun, Pearltrees pada dasarnya adalah aplikasi social bookmarking dengan UI yang keren. Startup asal Perancis ini memungkinkan anda membuat bookmark situs yang anda sukai, membacanya dalam situs itu sendiri tanpa membuka tab baru dan kini telah sync dengan Twitter. Jika jaringan internet anda tidak byar pet, anda harus mencoba aplikasi ini, dan nikmati UI yang ada.

Ok, masih banyak memang aplikasi untuk having fun tapi masih tetap berguna di internet, selamat tahun baru 2010! Selamat berlibur !

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again