1. Startup

Theshopin Luncurkan Aplikasi Android dan Blackberry

Theshopin, situs yang menawarkan berbagai diskon dari merchant kepada user, di Jakarta Rabu (25/9) meluncurkan aplikasi mobile,  Shopin. Aplikasi mobile berbasis Android dan Blackberry ini diharapkan bisa menjadi sebuah wadah yang menjembatani antara penjual dan pembeli untuk dapat berinteraksi langsung.

Dengan melakukan instalasi aplikasi Shopin di perangkat mobile-nya, pengguna dapat mencari dan menggunakan kupon promosi berupa diskon secara mudah dan langsung di berbagai merchant.

Pemilihan platform Android dan Blackberry untuk aplikasi mobile Shopin, menurut Erick Soedjasa selaku co founder dari Shopin, adalah berdasarkan  riset market. Berdasar riset terbaru, market sharesmartphone di Indonesia saat ini dikuasai sistem operasi Android sebanyak 56 persen, dan berbasis Blackberry yang mencapai 37 persen.  Ini merupakan pasar yang cukup besar untuk sebuah aplikasi.

Untuk menggunakan shopin ini sangat mudah. Pengguna tinggal mengunduh aplikasi Shopin di Google Play Store atau Appworld Blackberry, kemudian mencari promosi yang diinginkan, berupa diskon resto atau merchant tertentu sesuai dengan keinginannya. Lalu, pengguna bisa langsung mengunduh kupon tersebut dari smartphone mereka tanpa harus membayar apa pun.

Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mencetak atau membayar apa pun untuk mendapat kupon promosi tersebut. Selanjutnya, pengguna hanya cukup menunjukkan kupon di smartphone langsung kepada toko, dan melakukan transaksi di toko yang bersangkutan.

“Pencarian kupon promosi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur location based,” ujar Ricky Hartono, CEO dari Shopin.

Lebih lanjut, dalam acara peluncuran ini Erick menjelaskan kepada DailySocial bahwa Shopin tidak menggunakan agrator lokasi merchant, namun merchant terdaftar di Shopin melalui proses kerjasama. Merchant yang saat ini terdaftar sudah berjumlah sekitar 100 lebih. Dengan terbagi dalam kategori-kategori,  Merchant yang terdaftar membayar biaya bulanan sebagai fee untuk mengiklankan toko, produk atau layanannya di Shopin.

“Tetapi kami tidak hanya menerima iklan dari merchant. Merchant yang bergabung sebagai member akan mendapatkan tiga slot, salah satunya harus berupa kupon diskon. Sedangkan yang lainnya disarankan untuk memberikan info yang bisa diberikan kepada konsumen, bisa berupa info produk baru atau pembukaan gerai baru,”urai Ricky.

Dengan momentum peningkatan penggunaan smartphone di Indonesia, Shopin yang merupakan produk dari PT. ERA Technology Indonesia ini dapat dikatakan jeli melihat peluang untuk menawarkan media baru untuk beriklan kepada merchant.

“Selama ini media iklan bagi merchant adalah lewat media yang konvensional seperti televisi, media cetak, billboard, radio dan sebagainya. Biasanya budget untuk beriklan menjadi sangat besar.  Shopin bisa menawarkan kepada merchant  sebuah media untuk mempromosikan tokonya dengan biaya marketing dan promosi  yang lebih terjangkau,” lanjut Ricky.

Shopin juga memberikan kontrol penuh pada merchant untuk memberikan promosi bagi pengguna. Shopin juga menyediakan laporan lengkap kepada merchant  terkait tingkat efektifitas dari promosinya. Dengan begitu, merchant dapat mengevaluasi deals atau jenis promosi macam apa yang disukai pengguna.

Mengingat banyaknya situs diskon yang sudah banyak yang beredar, Erick tetap yakin bisa sukses dengan Shopin. “Sebab aplikasi ini mudah bagi pengguna dan tidak memberatkan merchant. Karena Shopin tidak menarik fee dari transaksi yang terjadi. Kerjasama yang dijalin dengan merchant juga jangka panjang, sebab Shopin ingin membantu merchant mengembangkan bisnisnya, menjadi produk dan layanan lebih dikenal masyarakat.”

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again