1. Startup

The Video Bay Mulai Ganggu YouTube dan Hulu ** UPDATE **

Sebuah situs baru-baru ini diluncurkan dengan nama The Video Bay. Situs ini bertujuan untuk menampilkan video-video dari film di televisi dan di bioskop secara ilegal dan high-definition. Untuk menonton film-film ilegal ini pun tidak sulit karena hanya menggunakan browser yang sudah terinstall plugin Flash Player.

Situs ini memang langsung bersaing dengan YouTube dan Hulu dalam menampilkan video-video tersebut, meskipun harus melupakan fakta bahwa TVB ini melakukannya secara ilegal. Kabar beredar bahwa orang-orang yang berada di belakang TVB adalah orang-orang yang sama dengan PirateBay, yang memang selalu memiliki masalah dengan YouTube dan Google. Meski demikian YouTube dan Hulu sampai sekarang belum bisa melakukan apa-apa karena memang belum menyentuh pelanggaran TOS mereka.

Memang situs-situs seperti The Pirate Bay dan The Video Bay sulit sekali dimatikan, meski sudah membunuh salah satunya maka clone-nya akan muncul kembali dan terus bertambah. Pertanyaan yang lebih penting adalah bagaimana seharusnya YouTube dan Hulu mampu berpikir jernih menghadapi masalah ini. Mengapa komunitas memilih TPB atau TVB? Karena gratis, dan juga kedua situs tersebut memiliki teknologi peer-to-peer bandwith share yang memungkinkan mereka membebankan sebagian besar bandwith kepada pengguna dan membuat streaming video lebih cepat

Seharusnya yang seperti ini jangan dilawan, melainkan dimanfaatkan dengan cerdas. Bagaimana memanfaatkannya? Ya disponsori saja, atau diakuisisi saja sekaligus. Lalu bagaimana mereka mendapatkan uang dari situ? Premium account. Model bisnis yang kurang lebih sama dengan yang sekarang diterapkan di YouTube.

UPDATE

Ramalan yang jadi kenyataan : The Pirate Bay akhirnya dijual ke Global Gaming Factory X

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again