1. Startup

Telkomsel dan Nokia Umumkan TemanDev Untuk Kembangkan Konten Lokal Lebih Jauh

Layanan pesan singkat (SMS) dan telepon perlahan tersingkir dari layar pengguna smartphone yang lebih mengandalkan layanan aplikasi komunikasi mobile yang dapat dinikmati dengan menggunakan layanan paket data. Melihat kondisi ini, Telkomsel yang sudah mulai merasakan dampak dari tren pasar ini pada penghasilannya mulai melakukan sejumlah cara untuk menanggulangi masalah tersebut, salah satunya dengan merilis TEMAN DEV yang akan diluncurkan bulan Juni.

Di sela-sela acara peluncuran Nokia 520 pada Jumat (3/5) lalu yang bertempat di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Telkomsel secara inisiatif mengajak Nokia dan merangkul beberapa pengembang untuk menciptakan ekosistem yang dapat membangkitkan industri kreatif bagi para pengembang lokal dengan menghadirkan TEMAN DEV (Telkomsel Application Developer).

TEMAN DEV merupakan kolaborasi antara Telkomsel dengan Nokia yang nantinya akan membantu membuka jalan bagi para pengembang untuk mendapatkan berbagai manfaat dalam memasarkan aplikasinya.

Seperti apa keuntungannya? Telkomsel menawarkan keuntungan yang cukup menarik bagi para developer lokal yang ingin produknya dipasarkan secara luas – khususnya di Indonesia. Salah satunya adalah menawarkan data detil mengenai pelanggan, seperti pelanggan mana yang menggunakan perangkat Nokia maupun sistem operasinya. Di sini, Telkomsel akan berperan dalam membantu mengiklankan aplikasi ke pengguna yang tepat sasaran, yakni ke pelanggan yang menggunakan Windows Phone dan yang berpotensi membeli aplikasi tersebut.

Telkomsel juga menyediakan fasilitas yang memudahkan bagi pengembang dan konsumen berupa fasilitas mekanisme integrasi tagihan dengan cara memotong pulsa untuk pembelian aplikasi. Hal ini akan sangat memudahkan bagi pengguna karena masyarakat Indonesia pada umumnya tidak menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian seperti yang umum dilakukan di beberapa negara lain. Menggunakan cara potong pulsa akan jauh lebih diterima dibandingkan cara tersebut.

Menurut Puja Pramudya dari RadyaLabs, salah satu perusahaan pengembang terdepan untuk Windows Phone, insentif yang paling dinanti adalah SMS blast bagi pengembang yang telah mencapai level 3 atau memiliki rating aplikasi rata-rata 4.25. Pengembang bisa mendaftar untuk ikut program SMS blast yang akan mengirimkan rekomendasi aplikasi Windows Phone terbaik melalui SMS. "Ini penting", ujar Puja. "Bagi konsumer, info aplikasi menarik bisa muncul tanpa harus cari tahu".

Sesuai pengalaman Puja, "banyak yang bertanya di mana bisa mencari info tentang aplikasi baru atau lokal, karena mereka bukan pembaca blog teknologi dan jarang membuka Windows Phone Store untuk melihat-lihat aplikasi. Kalau ada SMS blast, harapannya bisa membantu akuisisi user baru".

Selain itu, para pengembang yang terdaftar di program ini juga mendapat insentif seperti token Windows Phone account, perangkat Lumia, data plan gratis dan lain sebagainya, sesuai dengan level yang telah dicapai. Metode insentif seperti ini "bisa menjadi tambahan semangat bagi para developer untuk mulai melirik platform Windows Phone", pungkas Puja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again