5 December 2012

by Amir Karimuddin

Telkomsel Luncurkan Free Zone untuk Sejumlah Layanan Google

Telkomsel hari ini meluncurkan layanan Free Zone, di mana sejumlah layanan Google bisa diakses secara gratis melalui native browser ponsel, yaitu Google+, Google Search dan Gmail. Layanan ini sebelumnya sudah hadir di Filipina (Globe) dan Afrika Selatan (8.ta) untuk mengoptimasi pengalaman pengguna feature phone yang memiliki kapabilitas mengakses Internet untuk lebih mengenal layanan-layanan populer Google.

Kami belum memperoleh informasi lebih lanjut tentang pengaturan yang diperlukan agar pengaksesan tiga layanan tersebut bisa gratis, tetapi seperti yang diinformasikan oleh halaman Free Zone, semua ponsel yang memiliki kemampuan Internet bisa menggunakannya, bahkan tanpa mendaftar untuk paket data sekalipun.

Meskipun ditujukan untuk pengguna feature phone, layanan ini bisa juga diakses oleh pengguna smartphone. Tentu saja perlu dilakukan pengaturan khusus supaya layanan yang didukung tidak lagi di-charge penggunaannya. Skema gratis ini tidak berlaku jika pengguna mengklik tautan yang menuju ke luar layanan Google ataupun mengklik isi lampiran email (attachment).

Perlu dicatat bahwa layanan ini hanya berlaku untuk native browser dan tidak bisa digunakan untuk browser dari pihak ketiga. Layanan ini juga tidak berlaku untuk pengaksesan melalui komputer ataupun tablet, serta pengaksesan secara roaming di luar negeri.