1. Startup

Telkomsel Keluarkan Paket Bundling Opera Mini, WhatsApp, LINE dan KakaoTalk

Telkomsel sebagai operator terbesar di Indonesia kembali memberikan inovasi dan diferensiasi terhadap paket Internet yang ada selama ini. Telkomsel menyediakan paket bundling tanpa batas khusus untuk empat aplikasi, yaitu Opera Mini, WhatsApp, LINE dan KakaoTalk. Tersedia paket harga harian, mingguan dan bulanan, di mana paket bulanan dapat didaftarkan dengan biaya 30 ribu Rupiah per bulan. Terdapat penambahan akses terhadap paket ini yang awalnya hanya untuk Opera Mini dan WhatsApp saja. Selain itu, Telkomsel juga mengusung seri emoticon Meet The Blob untuk LINE dan KakaoTalk yang bisa diunduh secara gratis.

Dengan paket ini, pengguna Telkomsel bisa puas browsing dan messaging menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah populer ini di platform smartphone manapun, termasuk di iOS, Android, BlackBerry ataupun Windows Phone. Khusus untuk genre messaging, tiga aplikasi tersebut bisa dibilang adalah yang paling banyak digunakan di smartphone dewasa ini, selain BlackBerry Messenger yang sudah secara built-in tersedia di platform BlackBerry.

Memang saat ini messaging sudah merupakan suatu platform social network model baru. Baik WhatsApp, LINE dan KakaoTalk memiliki pengguna puluhan juta di seluruh dunia dan berpotensi mematikan bisnis SMS yang secara tradisional telah hadir di awal teknologi seluler berdiri. Tentu saja operator yang jeli bakal melihat potensi peningkatan penggunaan aplikasi messaging sebagai bentuk baru sasaran pendapatan.

Sebelumnya kami sempat mengulas strategi bisnis KakaoTalk yang bakal besar-besaran masuk ke pasar Indonesia mulai bulan Agustus mendatang. Selain seri emoticon Meet The Blob, KakaoTalk sebelumnya telah merilis seri emoticon "Ramadhan seru bersama si Popoo" untuk menyambut bulan puasa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again