25 January 2013

by wiku

Telkomsel Jadi Perusahaan Pertama yang Akan Gunakan Promoted Products dari Twitter di Indonesia

Hari Rabu kemarin, bertempat di sebuah kafe di Jakarta, Twitter dan Telkomsel hadir untuk mengumumkan kemitraan mereka. Acara ini juga dihadiri oleh Komli Media sebagai mitra ekslusif dari Twitter untuk produk promosi/iklan Twitter. Dalam acara ini diumumkan bahwa Telkomsel menjadi perusahaan pertama yang akan menggunakan Twitter Promoted Products.

Promoted Products dari Twitter adalah fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pengiklan di layanan Twitter. Ada tiga produk yang disediakan, Promoted Tweets, Promoted Trends dan Promoted Accounts. Komli sendiri merupakan mitra penjualan iklan Twitter untuk wilayah Asia Tenggara.

Dengan kerja sama ini, Telkomsel akan menjadi pelanggan pertama yang akan merasakan berbagai fasilitas yang ada di promoted products dari Twitter. Sebelumnya, pengiklan asal Indonesia belum bisa menggunakan produk ini.

Kerja sama ini juga menjadi langkah ekspansi Twitter ke Asia Tenggara yang menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan tercepat. Indonesia sendiri juga merupakan salah satu pengguna terbanyak Twitter, untuk masalah iklan, pemilik merek juga telah melirik media ini sebagai sarana beriklan dan membangun keterikatan dengan konsumennya.

Promoted Products ditujukan untuk menjangkau target ย yang lebih spesifik, misalnya Promoted Tweets akan muncul hanya bagi pengguna yang relevan dengan promosi yang dilakukan. Proses iklan yang menggunakan konsep bidding juga dianggap akan menguntungkan pihak pengiklan, belum lagi biaya yang dihitung akan berdasarkan reaksi atas promo yang dilakukan. Misalnya pada Promoted Tweets, biaya iklan hanya akan dihitung jika ada reply, RT, atau reaksi lain atas tweet tersebut.

Telkomsel sendiri mengatakan bahwa mereka menggunakan media sosial sebagai bagian integral dalam marketing communication mix, dengan Twitter mereka mencoba untuk terikat dengan konsumen, dan mendengarkan mereka. Dalam acara peluncuran kemarin, keterikatan serta mendekatkan diri dengan konsumen lewat Twitter menjadi salah satu fungsi yang ditonjolkan, dengan produk promosi dari Twitter ini kegiatan tersebut diharapkan bisa ditingkatkan.

Promoted Products sendiri baru berumur 2 tahun dan kini telah memasuki tahap untuk ekspansi ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Ditanya tentang mengapa baru sekarang produk ini tersedia bagi pengiklan lokal? Twitter menjawab bahwa saat ini adalah saat yang tepat, Twitter memastikan terlebih dahulu bahwa layanan mereka akan memberikan dampak bagi pengiklan dan saat ini mereka telah merasa yakin bahwa produk ini bisa memberikan manfaat bagi pengiklan di Indonesia.

Komli Media, sebagai mitra Twitter untuk memasarkan produk iklan mereka, juga akan membawa peran penting. Kerja sama dengan Twitter yang telah diumumkan bulan November tahun lalu ini akhirnya membawa Promoted Products ke Indonesia, mereka juga akan berperan dalam mengedukasi kalangan pengiklan dan membantu menjual program iklan Twitter di sini.

Menarik untuk melihat bagaimana Telkomsel akan memaksimalkan produk promosi dari Twitter ini sesuai dengan program iklan mereka. Di sisi lain tentunya menarik juga melihat bagaimana dampak dari peluncuran produk promosi Twitter ini pada iklim iklan digital di tanah air, yang dikatakan akan bertumbuh tahun ini meski porsinya jika dibandingkan media iklan lain masih lebih kecil.