1. Startup

Telkomsel Hadirkan Facebook melalui Fonetwish, Akses Facebook via USSD

Telkomsel berusaha menjangkau lebih banyak lagi pengguna Facebook di Indonesia dengan menghadirkan layanan Facebook melalui Fonetwish. Layanan ini akan memudahkan akses Facebook melalui menu SMS (biasa kita kenal dengan nama USSD), tanpa penggunaan Internet sama sekali. Yang perlu dilakukan adalah menekan menu *325# dari ponsel apapun.

Tentu saja inovasi ini memang sengaja membidik orang-orang yang ingin mengakses Facebook tapi belum berlangganan paket data apapun ataupun ponselnya tidak mendukung pengaksesan Internet. Fonetwish ini dikembangkan oleh pengembang asal Singapura, U2opia dan diklaim telah digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia. Belum disebutkan berapa tarif yang dipatok oleh Telkomsel untuk layanan ini. Selain Telkomsel, XL Axiata juga sudah menjadi partner layanan ini di Indonesia.

Dengan menu USSD ini, kita bisa mengakses berbagai bagian Facebook, termasuk News Feed, Wall Posts, Birthday Reminder, Notifications, Manage Friends, Update Status, dan Chat. Fonetwish saat ini banyak digunakan oleh pengguna Facebook di India.

Seperti dikutip dari rilis persnya, Ririn Widaryani, Deputy VP Product Lifecycle Management Telkomsel, menyebutkan, "Kami bersemangat dengan respon untuk aplikasi Fonetwish untuk Facebook. Indonesia memiliki adopsi tertinggi untuk Facebook di kawasan (Asia Tenggara) dan kami berharap mendapatkan respon yang baik untuk layanan ini."

U2opia didirikan tahun 2010 dan telah hadir di India, Asia Tenggara, Afrika, dan Timur Tengah. Baru-baru ini mereka mendapat pendanaan dari Matrix Partners India.

Berikut adalah video penggunaan Fonetwish untuk pengaksesan Facebook melalui menu USSD:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again