1. Startup

Telkomsel dan Nokia Hadirkan Layanan Carrier Billing untuk Seri Lumia

Bersamaan dengan peluncuran Nokia Lumia 520 yang hadir eksklusif di Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia ini juga mengumumkan bahwa skema carrier billing (atau potong pulsa) juga akan tersedia untuk jajaran smartphone Lumia mulai bulan Juni mendatang. Skema ini bisa digunakan untuk membeli aplikasi maupun layanan lain yang terkait dengan Windows Phone Store. Meskipun demikian, kemudahan ini tidak akan berlaku untuk merk smartphone lain yang juga sama-sama menggunakan sistem operasi Windows Phone.

Kerjasama carrier billing ini merupakan kedua kalinya dilakukan secara khusus untuk smartphone Lumia. Sebelumnya Nokia juga menggandeng XL Axiata untuk menawarkan program serupa. President Director Nokia Indonesia, William Hamilton-Whyte, seperti dikutip dari Antara menyebutkan, "Para pengembang aplikasi ponsel pintar dapat meraih keuntungan dari karya mereka lewat layanan operator billing yang akan segera tersedia bagi pelanggan Telkomsel pada Juni mendatang."

Tentu saja hal ini dinilai strategis untuk pengembangan keanekaragaman aplikasi di platform Windows Phone, mengingat penetrasi kartu kredit belum cukup luas di Indonesia. Platform lain seperti Android juga telah mengakui hal ini dan bekerja sama dengan hampir semua operator GSM. Pelanggan prabayar misalnya, tak perlu repot untuk membiayai pembelian aplikasinya, cukup memastikan bahwa pulsa/credit yang dimilikinya bisa mendanai pembelian tersebut.

Nokia Lumia (dan Windows Phone secara umum) mungkin belum menjadi platform smartphone unggulan di Indonesia, tapi kemudahan-kemudahan yang dihasilkan diharapkan mampu mendorong konsumen dan pengembang untuk beralih ke platform buatan Microsoft ini. Saat ini sudah tersedia lebih dari 130 ribu aplikasi di Windows Phone Store.

Microsoft juga baru-baru ini membuat aplikasi Android "Switch to Windows Phone" yang memberikan informasi tentang kelengkapan aplikasi-aplikasi serupa di platform Windows Phone, termasuk aplikasi yang mirip jika belum ada, untuk menggoda pengguna Android pindah ke Windows Phone.

Kita tunggu apakah peluncuran seri-seri Windows Phone, khususnya dengan harga terjangkau seperti Lumia 520 yang dipatok dengan harga di bawah 2 juta Rupiah, dan kemudahan carrier billing bisa membuat lebih banyak konsumen di Indonesia untuk beralih ke platform ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again