1. Startup

'Taman Ide' Ala eBay

Internet memberikan peluang kerjasama serta masukan informasi yang begitu besar. Trend web 2.o salah satunya ditandai dengan penekanan pada kolaborasi. Meski proses ini belum begitu dominan di tanah air, tapi sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bermunculan, baik itu internasional maupun lokal yang mendukung proses kolaborasi ini.

Untuk lokal muncul aplikasi salah satunya Scraplr yang pernah saya bahas di DailySocial, untuk aplikasi internasional yang terbaru adalah Gmail Buzz, serta beberapa aplikasi lain yang memungkinkan proses kolaborasi kerja di satu tempat yang menunjang produktifitas.

Bagi banyak perusahaan crowd source atau 'melempar' dan mendapatkan feedback dari user atau kalangan umum memberikan berbagai benefit yang terkadang tidak ternilai, meski tentu dalam program crowd source pasti akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh Starbucks dengan myStarbucks idea-nya dan Google dengan Google labs-nya.

Dan kini, salah satu situs online marketplace terbesar di interntet eBay, meluncurkan Garden by eBay. Seperti yang ditulis oleh VentureBeat yang mengutip bits blogs dari NY Times, bahwa Garden by eBay merupakan salah satu strategi untuk mengetahui respons user sebelum sebuah aplikasi diluncurkan ke publik.

Dengan jumlah item yang sangat banyak, dan user fanatik, serta sekitar 90 million active user, apapun yang berubah dari layanan eBay akan selalu mendapat respon, masih seperti yang di tulis NY Times, fasilitas semacam lab ini akan menampung berbagai tools yang bisa digunakan di eBay tapi belum roll out untuk publik. User bisa memilih untuk menggunakan fitur tertentu, menilainya dan atau memberikan kritik pada tim dari eBay, nantinya seperti juga beberapa sistem crowd source, fitur yang disukai user akan digunakan di situs utama eBay.

EBay sendiri melalui halaman Garden by eBay menjelaskan bahwa 'taman ide' ini merupakan peluang bagi para user untuk ikut serta dalam pengembangan yang dilakukan di situs mereka, dan memberikan eksperimental yang lebih besar pada user karena ikut ambil bagian dalam menentukan fitur apa saja yang ingin dilihat dan akan diimplementasikan di situs eBay.

EBay juga menjanjikan bahwa saran dan kritik akan langsung disampaikan pada tim yang membangun fitur-fitur tersebut jadi eBay juga mengharapkan bahwa para user untuk memberikan saran yang jujur.

Nantinya ada dua tipe cara berkebun di Garden ala eBay ini, Seeds dan Plants, Seeds untuk fitur yang sudah bisa dicoba untuk digunakan dengan sistem opt-in sedangkan Plants untuk fitur yang belum bisa digunakan atau belum 'lulus ujian'.

Untuk saat ini ada satu fitur yang masuk kategori seeds yaitu Streamlined Search yang merupakan fitur yang membantu user untuk lebih mudah dalam menggunakan fitur search, baik dari segi view-nya maupun pengalaman browse-nya.

Sedangkan untuk fitur yang masuk kategori Plants yaitu fitur yang bernama Diamond Ring Designer yang merupakan salah satu cara eBay dalam memberikan pengalaman interaktif dalam membuat kustomisasi dari cicin berlian yang sempurna.

Bagi user lokal yang sering mengunakan eBay bisa mengunjungi taman ala eBay dan mulai mencoba fiturnya di link ini.

Satu yang pasti, crowd source merupakan salah satu cara yang bisa di jadikan alat bagi para penyedia jasa web atau para startup, termasuk lokal untuk mendapat masukan sebelum meluncurkan produk baru, meski harus disadari terkadang juga banyak pendapat yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan bisa hadir melalui sistem ini.

Bagaimana pendapat anda? Apakah anda seorang pelaku startup, jika iya apakah anda tertarik untuk membuat lab sendiri? Atau anda punya pendapat lain bagi program baru eBay ini, jangan ragu untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again