20 November 2012

by wiku

Tablet HP Berbasis Windows 8 Akan Digunakan di Maskapai Penerbangan Emirates

Penggunaan tablet sebagai alat bantu untuk penerbangan memang semakin populer, tidak hanya untuk hiburan tetapi untuk membantu para awak kabin memberikan informasi pada penumpang. Kini giliran Emirates yang mengumumkan akan menggunakan tablet untuk membantu pelayanan mereka, dan mereka akan menggunakan tablet buatan HP berbasis Windows 8.

Emirates telah mengembangkan aplikasi bernama Knowledge Driven Insight Service (KIS) sejak 2004, dan kini aplikasi ini akan digunakan di Windows 8 Enterprise dan tablet HP ElitePad 900 untuk membantu memberikan pelayanan penerbangan (inflight experience) bagi awak kabin. KIS ini merupakan aplikasi yang merupakan solusi untuk manajemen kru dan konsumen atau layanan CRM.

Awak kabin bisa melihat detail dari data riwayat penerbangan penumpang, masalah yang dihadai penumpang ketika traveling, preferensi penumpang seperti makanan, minuman dll. Semua data ini disimpan di aplikasi dan memudahkan untuk membantu awak kabin dalam memberikan pelayanan bagi konsumen, baik yang umum atau yang lebih personal.

Emirates akan menyediakan 100 perangkat pada akhir Januari 2013 dan jumlahnya akan mencapai 1000 perangkat pada akhir 2013. Pada akhir 2013, di semua penerbangan Emirates, petugas yang menangani keuangan di pesawat akan akan menggunakan aplikasi KIS di perangkat HP ElitePad 900.

Salah satu alasan Emirates menggunakan Windows 8, seperti yang dikutip dari ZDnet adalah dikarenakan penerbangan ini telah melakukan standarisasi PC dan laptop mereka dengan Windows 7, mereka membutuhkan sistem operasi yang terintegrasi dengan lingkungan TI perusahaan mereka. Alasan lain atas pilihan Windows 8 dan tablet HP adalah pengalaman penggunaan, keamanan sistem operasi serta perangkat yang memiliki performa serta desain yang bagus.

Berikut video penjelasan serta penggunaan tablet HP berbasis Windows 8 dan aplikasi KIS.