1. Startup

Statistik Dari Kaskus iPhone Apps Buatan Apps Foundry

Aplikasi Kaskus untuk iPhone yang merupakan salah satu produk dari Apps Foundry, pada awal peluncurannya mendapatkan sambutan yang baik, bahkan laris manis menjadi aplikasi populer untuk aplikasi gratis dari Indonesia. Beberapa hari yang lalu Kaskus iPhone Apps telah merilis versi yang paling baru.

Saya sendiri penasaran dengan statistik dari iPhone Apps ini dan bagaimana adaptasi pengguna mereka atas aplikasi ini, Wilson dari Apps Foundry menjelaskan data singkat dari statistik pengguna dari aplikasi Kaskus iPhone ini sejak dirilis 2 bulan yang lalu.

Aplikasi Kaskus iPhone, setelah tersedia di App Store, sejak 2 bulan yang lalu telah memiliki unique device sebanyak 20.000, Wilson memprediksikan bahwa sekitar 40.000 iPhone yang terkoneksi dengan dinternet yang ada di Indonesia, dengan asumsi ini, maka aplikasi Kaskus telah ter-install di 1 dari 2 iPhone yang terkoneksi dengan internet di Indonesia.

Untuk pengguna aktif, aplikasi Kaskus iPhone telah memiliki pengguna aktif sebanyak 12.000 dan pengguna yang telah mengunduh dan install aplikasi ini sangat aktif dalam menggunakan aplikasi Kaskus. Namun demikian jumlah ini diperkirakan oleh Wilson, 'seharusnya lebih besar, karena versi iOS 3.1.x baru di approve pada tanggal 30 September, malam hari.'

Sedangkan untuk engagement level, Wilson juga menjelaskan bahwa tingkat keterikatan pengguna dengan aplikasi Kaskus ini cukup tinggi, rata-rata waktu mereka menggunakan aplikasi Kaskus adalah 3-10 menit per sesi, dan kira-kira 10% pengguna menggunakan Kaskus sampai 30 menit per sesinya, sedangkan rata-rata kaskuser menggunakan aplikasi Kaskus untuk iPhone adalah 30 sesi per hari, dan ada sebagian kecil pengguna 'membuka' Kaskus sebanyak 100 kali per hari. Untuk thread yang telah terbaca di aplikasi Kaskus di iPhone adalah satu juta thread.

Seperti yang dijelaskan pada tulisan DailySocial sebelumnya, dengan penetrasi iPhone di Indonesia yang cukup tinggi serta pengguna Kaskus yang terus bertambah, pengguna Kaskus iPhone Apps buatan Apps Foundry ini bisa dipastikan diminati oleh para pengguna Kaskus, dan kalau melihat dari tweet para penguna yang telah menggunakan aplikasi ini tampak cukup puas, meski masih ada beberapa kritik atau saran, seperti juga yang bisa dilihat pada kolom komentar artikel DailySocial sebelumnya.

Penasaran saya yang kedua adalah tentang Apps Foundry itu sendiri, apa rencana mereka ke depan, Wilson dari Apps Foundry menjelaskan bahwa mereka kini tengah mempersiapkan aplikasi untuk iPad dan Android. Seperti apa dan kelebihan apa yang ditawarkan aplikasi ini, sepertinya kita masih harus bersabar, perkembangan terbaru tentu akan dikabarkan di DailySocial.

Bagi Kaskus (yang ketika tulisan ini ditulis masih menjalankan maintenance pada layanan mereka) setelah aplikasi mereka yang bisa dinikmati di BlackBerry, iPhone serta ponsel berbasis Java, maka perkembangan aplikasi Kaskus untuk iPad dan Android akan melengkapi akses yang bisa dinikmati oleh pengguna mereka. Akses ke perangkat bergerak dan komunitas terbesar di Indonesia, kombinasi yang bagus untuk perkembangan Kaskus dan tentu saja keuntungan yang bisa nikmati juga oleh pengembang aplikasi dari Kaskus.

Anda punya pendapat tentang statistik ini? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again