1. Startup

Startup Indonesia Berpotensi Ikuti Program LINE Life Global Gateway

 

Aplikasi pesan LINE hari ini mengumumkan bahwa mereka akan memperluas jaringan layananan mereka dengan meluncurkan program LINE Life Global Gateway dengan mengucurkan dana investasi sekitar 5 miliar yen (atau 42 juta dollar). LINE Corp, induk perusahaan aplikasi pesan LINE, menyatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk berinvestasi pada perusahaan yang menyediakan layanan online-to-offline (o2o), e-commerce, payment, media, dan entertainment services.

LINE sendiri telah mengumumkan sebelumnya pada Oktober 2014 di LINE Conference Tokyo 2014 bahwa mereka berencana menjadi platform untuk kehidupan sehari-hari bagi semua pengguna baik offline maupun online dengan tema "LIFE". Mengutip dari artikel TechCrunch, pihak LINE menyatakan bahwa mereka menunda initial public offering untuk "memperluas bisnis secara global". Kemudian pada konfrensi perusahaan bulan depan, COO LINE Takeshi Idezawa, yang sekarang menjadi CEO, menyatakan, "Kata kunci dari masa depan kita adalah 'LIFE', LINE adalah pintu gerbang smartphone untuk hidup Anda."

Dapat dikatakan dana yang dikucurkan LINE ini merupakan bagian penting dari strategi LINE untuk memastikan laba yang akan datang tidak bergantung terlalu banyak pada aplikasi pesan atau platform yang terhubung dengan permainan, dimana sebagian besar pendapatan LINE berasal dari sana. Dengan kata lain, LINE mentransformasikan dirinya dari platform pengganti SMS ke platform gaya hidup yang mungkin dapat menyentuh semua layanan penting yang dapat diakses oleh orang dari perangkat bergerak mereka.

Dengan perluasan layanan ini, LINE tentu ingin memperkuat kehadirannya di pasar-pasar penting mereka seperti Indonesia, Filipina, Kolombia dan Meksiko. Di Indonesia sendiri LINE adalah salah satu aplikasi bertukar pesan yang paling disukai. Di bulan Agustus tahun lalu LINE mengumumkan telah memiliki 30 juta pengguna di Indonesia.

Dalam keterangan resminya LINE memberikan catatan untuk mengingatkan bahwa ketika mendaftar proposal untuk kemitraan, setelah memilih wilayah layanan yang Anda inginkan, Anda diminta untuk mengatur Pilihan Kategori Kemitraan Usaha pada pilihan "Inquiries about other types of LINE partnerships". Seperti yang sudah disebutkan di atas, Indonesia yang adalah salah satu pasar yang dibidik oleh LINE dan berada dalam pilihan wilayah negara kemitraan.

Startup Indonesia yang berminat mengetahui lebih lanjut mengenai kemitraan dalam bentuk investasi ini dapat mengunjungi tautan berikut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again