1. Startup

Solusi Pembayaran Online iPayMu, Rilis Versi Beta 1.0

Satu lagi layanan tambahan dari sistem pembayaran online hadir, iPayMu.com. Dari penjelasan di situs mereka, rilis versi beta pertama iPayMu 1.0 diluncurkan pada tanggal 15 Desember kemarin.

iPayMu memberikan layanan untuk pembayaran secara online, mulai dari pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit sampai dengan kegunaannya untuk menarik atau mengirimkan uang. iPayMu akan memberikan layanan bagi para pebisnis online yang memiliki toko dan membutuhkan sistem pembayaran untuk proses jual-beli di toko online mereka.

Dari tiga layanan yang disediakan, pada versi beta 1.0 dari layanan iPayMu, saat ini yang telah bisa digunakan adalah pembayaran menggunakan kartu debit dan penarikan/pengiriman uang, sistem yang digunakan untuk menikmati layanan ini dengan cara top up, artinya Anda harus mempunyai sejumlah uang di akun iPayMu Anda untuk bisa melakukan transaksi menggunakan iPayMu.

Proses top up bisa dilakukan lewat ATM atau internet banking. Dari penjelasan di situs mereka, saat ini iPayMu telah bekerjasama dengan 83 bank di Indonesia yang termasuk bank besar di Indonesia seperti BCA dan Mandiri serta berbagai bank daerah dan bank syariah. Saldo minimal yang harus dipunyai untuk melakukan transaksi adalah Rp. 100.000 dan akan ada biaya tambahan untuk transaksi tertentu seperti penarikan uang, transaksi di webstore dan transaksi menggunakan kartu kredit.

Ada 3 tipe status pengguna yaitu Unverified Member, Verified Member dan Certified Member. Masing-masing dengan fasilitas yang berbeda, mulai dari jumlah deposit yang harus disetorkan sampai dengan jumlah maksimal transfer, penarikan serta harga maksimal untuk produk per transaksi.

Untuk fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, saat ini iPayMu masih mempersiapkan layanan mereka yang akan diluncurkan pada bulan April 2011 nanti. Dari keterangan yang ada, biaya bulanan untuk layanan ini sebesar Rp 250.000, gratis biaya setup, fee per transaksi 3%, mata uang rupiah serta bebas biaya untuk tarik uang.

Belum tersedia keterangan tentang partner merchant atau toko yang telah menggunakan fasilitas iPayMu, padahal cukup menarik juga jika bisa melihat perkembangan atau calon merchant apa saja yang telah menggunakan layanan mereka, saya mencoba mengontak iPayMu dan akan di update setelah mendapat kabar dari mereka.

Pertumbuhan penjual online di Indonesia terus naik, para penyedia shopping mall online atau toko online sendiri juga terus bertumubuh, bahkan raksasa Jepang Rakuten, juga telah secara resmi membuka situs mereka dan mengajak para penjual online lokal untuk bergabung, di sisi lain pertumbuhan payment system lokal juga terus berkembang, kita masih menunggu ‘gebrakan’ baru dari Doku yang merupakan rebranding dari Nsiapay, kemudian perkembangan selanjutnya dari Indomog dan KasPay, dan kini telah muncul pilihan baru iPayMu. Kita tunggu seperti apa perkembangan lanjutan dari layanan yang akan dijalankan oleh iPayMu, termasuk merchant atau penjual online siapa saja yang akan bekerjasama dengan mereka.

Keterangan lengkap tentang layanan iPayMu bisa dilihat di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again