1. Startup

Sneak Peek Hari Belanja Online Nasional 12 Desember 2013: Diskon Gila-Gilaan dari Belasan Peritel Online

Menyusul sukses Hari Belanja Online Nasional 2012 yang diselenggarakan pada 12 Desember tahun lalu, ajang serupa akan kembali digelar pada 12 Desember 2013 mendatang. Ajang tahun ini akan jauh lebih menarik, karena berdasarkan ‘sneak peek’ yang didapat DailySocial, sudah dipastikan akan lebih banyak peritel online yang berpartisipasi –dan tentunya memberikan diskon yang lebih gila-gilaan– dibanding tahun lalu.

Sekedar catatan, Hari Belanja Online Nasional ini berawal dari diskusi informal beberapa pemain e-commerce besar Indonesia sambil ‘ngopi-ngopi’. Lalu timbul ide untuk memilih satu hari khusus sebagai Hari Belanja Online Nasional, yang pada hari itu peritel yang berpartisipasi akan aktif mempromosikannya, serta memberikan diskon-diskon serta promosi menarik bagi pembelanja, mirip dengan Cyber Monday di Amerika Serikat atau 11.11 di China.

Tujuannya, selain memberi ajang belanja yang menyenangkan, adalah untuk mendorong semakin tingginya kebiasaan belanja online di Indonesia, yang pada akhirnya akan memicu kemajuan dunia e-commerce Indonesia. Akhirnya disepakati 12 Desember 2012 (12.12.12) sebagai hari pelaksanaannya.

“Tidak kurang dari sembilan toko online yang berpartisipasi pada tahun 2012, yakni Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Fazzione, FimelaShop, Plasa, Bilna, dan DamnILoveIndonesia yang berpartisipasi, serta mendapat dukungan dari Yahoo! Sukses pelaksanaan tahun lalu membuat kami bertekad untuk mengadakan ajang serupa tahun ini, dimana tentu saja rencananya ajang ini akan menjadi ajang tahunan,” jelas Rizki Suluh Adi, salah satu pengelola yang juga VP Marketing Lazada indonesia.

Sebagai indikator sukses tidaknya ajang ini, walau tidak bersedia membuka berapa nilai transaksi keseluruhan dari ajang 2012 lalu, Rizki mengatakan bahwa secara keseluruhan ada peningkatan dua hingga tiga kali dari traffic belanja normal.

Nah, lalu bagaimana dengan ajang tahun ini yang akan berlangsung pada 12 Desember mendatang? “Tentu saja akan lebih  menarik. Para peritel online yang berpartisipasi sudah mempersiapkan sesuatu yang spesial bagi konsumen Indonesia.”

Tentu saja, menurut Rizki, saat ini peritel tidak akan membocorkan seperti apa persisnya diskon dan promosi yang ditawarkan pada 12 Desember mendatang, karena akan menjadi perusak (spoiler) kejutan dan kesenangan. “Tetapi yang kelas pada 12 Desember mendatang konsumen bisa menikmati diskon gila-gilaan selama 24 jam penuh dan berbagai program promosi. Beberapa peritel bahkan akan menyediakan hadiah bagi pembelanja online. Lalu akan ada diskon eksklusif. Intinya, kami bertekad menjadikan Hari Belanja Online Nasional 2013 menjadi pengalaman yang menyenangkan.”

Selain itu, hal lain yang membedakan dari penyelenggaraan tahun lalu, adalah makin banyaknya peritel online yang ikut serta. “Segmennya meluas mulai dari elektronik, fashion, makanan, bahkan perlengkapan bayi.”

Berdasarkan data yang didapat DailySocial, hingga 14 hari menjelang penyelenggaraan, sudah belasan retailer online yang memastikan akan ikut serta. Mereka adalah Lazada.co.id, Zalora.co.idBerryBenka.com PinkEmma.comBilna.com, LivingSocial.co.id, FoodPanda.co.id, Luxola.comReebonz.co.idQraved.comTraveloka.comTiket. comDamnIloveIndonesia.com, dan Blandja.com. Dan sebelum tanggal 12 nanti, menurut Rizki sangat mungkin retailer-retailer online lain akan memastikan keikutsertaannya.

“Kami berharap tahun ini peningkatan traffic akan mencapai empat hingga lima kali dari normal. Kami optimistis bisa mencapai target itu, karena tahun ini persiapan kami lebih baik dibanding tahun lalu yang hanya kurang satu minggu untuk mempersiapkan campaign ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, pengelola berharap partisipasi semua pihak untuk menggaungkan dan mempromosikan ajang ini lewat berbagai channel, termasuk media sosial. “Kami mempersiapkan ajang ini bekerja secara pro-bono (suka rela, tidak meminta bayaran). Promosi pasti dilakukan oleh masing-masing peritel yang berpartisipasi, dan juga banyak pihak yang secara sukarela membantu ajang ini. Berupaya mensukseskan acara ini secara beramai-ramai sangat menyenangkan!”

 

[Foto: Dokumentasi Lazada]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again