20 September 2012

by Amir Karimuddin

Siri di iOS6 Dukung Pencarian Lokal di Indonesia

Fitur pencarian lokal (Local Search) di iOS6, selain bisa dinikmati di Maps, ternyata juga bisa dinikmati menggunakan Siri. Fitur Voice Recognition yang diperkenalkan di iPhone 4S ini bakal membantu pencarian berdasarkan keyword yang disebutkan. Tentu saja ini bukan berarti Siri mendukung penggunaan Bahasa Indonesia. Pencarian tetap dilakukan menggunakan bahasa yang didukung, misalnya bahasa Inggris. Percobaan dengan sistem operasi terdahulu belum dilakukan, tapi beberapa laporan menyebutkan fitur ini tidak muncul jika menggunakan iOS5.

Kami melakukan percobaan dengan menyebutkan sejumlah brand restoran dan kafe ternama (misalnya Starbucks, McDonald's dan KFC). Semuanya memberikan hasil pencarian yang signifikan, meskipun tidak semuanya akurat (dalam hal kedekatan). Hasil yang serupa juga muncul jika saya melakukan pencarian dengan keyword "dentist" untuk mencari di mana lokasi dokter gigi terdekat.  Kedekatan tentu saja relatif diukur terhadap posisi kami berada, berdasarkan informasi GPS. Radius informasi yang ditampilkan sekitar 10 km.

Jika diklik, informasi yang ditampilkan berupa peta lokasi venue dan tampilan nama jalannya di kotak pencarian. Sejauh ini tidak mudah untuk menyebutkan venue yang bernama lokal, misalnya "Jalan Sudirman". Siri, baik versi US English atau UK English, tidak bisa mengenali dengan baik kata-kata Jalan Sudirman tersebut, dengan pengenalan terdekat menjadi "So dear man".

Silakan bermain-main dengan Siri di iOS6 dan informasikan kepada kami fakta menarik apa yang Anda temukan.