1. Startup

ShareThis New Feature: ShareThis Stream

Internet kini menjadi semakin social, seperti juga yang ditulis TechCrunch bahwa kini pengguna internet mulai meninggalkan e-mail untuk sharing konten dan mulai beralih ke Twitter dan Facebook. Perubahan cara membagi konten ini juga bisa dilihat dari beberapa hal seperti, Google yang meluncurkan Buzz, Facebook dan Twitter terus digunakan oleh para pengguna internet untuk berbagi, melakukan percakapan dan membuat sebuah ruang interaktif dimana konten menjadi tersebar terus dan terus.

Tanggal 2 Maret kemarin salah satu aplikasi Share paling populer (meski bukan yang terpopuler), ShareThis meluncurkan fitur baru yang, mungkin saja merubah kebiasaan anda dalam membagikan konten dari berbagai situs.

ShareThis meluncurkan ShareThis Stream versi beta. Sesuai namanya ShareThis Stream merupakan fitur yang memungkinkan anda menemukan konten yang di share oleh berbagai user di internet secara realtime. Seperti yang ditulis di blog mereka, fitur ini memungkinkan user untuk mereduksi noise yang terjadi disebabkan membanjirnya informasi di dunia internet, dengan cara memfilternya dengan menggunakan hanya hasil share dari relasi anda.

ShareThis sendiri merupakan aplikasi yang berguna untuk membagikan konten dari suatu situs ke berbagai aplikasi lain, termasuk social network, email dan lain-lain. Biasanya aplikasi ShareThis ini berbentuk button yang ada di bagian tertentu di sebuah situs, biasanya terletak di dekat button share lain seperti re-tweet dari TweetMeme serta Facebook Share atau button sahre ini terletak di bagian bawah artikel atau konten di web.

Di fitur baru ShareThis ini, jika anda sign in menggunakan akun social network anda, saat ini baru tersedia Facebook Connect dan akan terus bertambah, maka anda bisa melihat konten apa saja yang di share oleh relasi anda, yang memudahkan untuk menyaring berbagai informasi hanya dari relasi anda saja yang terpercaya. Melakukan pencarian melalui jaringan pertemanan kini memang sedang menjadi sorotan, bahkan bagi Google yang merupakan mesin pencari terbesar, karena pola perilaku user kini, untuk konten tertentu kini lebih memilih melakukan pencarian lewat relasi yang saran dan datanya lebih bisa dipercaya. Dan ShareThis berada di posisi yang cukup strategis.

Jika anda tidak sign in, anda juga masih bisa melihat stream sharing yang dilakukan user dari seluruh dunia, anda juga bisa mencari dengan kata kunci tertentu untuk melihat konten apa saja yang di share secara realtime.

Selain itu terdapat beberapa update fitur lain yang diumumkan melalui blog resmi mereka. Fitur-fitur baru itu antara lain adalah fitur Sign In dengan berbagai social network, antara lain Facebook, Twitter, Google, dan Yahoo! Kemudian New Sharing buttons yang kini menampilkan angka yang merupakan indikasi seberapa banyak artikel, konten atau web pages tertentu di share oleh user lain.

Lalu fitur Improved Sharing Widget yang kini menampilkan usulan konten yang terkait, jadi jika anda mengklik button ShareThis yang ada di suatu web pages, setelah anda men-share konten tersebut, ShareThis akan mengusulkan melalui pop up notifikasi, serta memberikan beberapa konten terkait yang satu tema sehingga anda bisa memlih lagi konten lain untuk di share.

ShareThis juga menyediakan fitur ekstra untuk para publisher yang dapat menambahkan Stream pada situs mereka dengan API atau widget dari ShareThis. Anda bisa membaca detail lengkap di situs mereka di sini, atau anda bisa melihat video berikut yang saya ambil dari blog resmi ShareThis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again