1. Startup

Semakin Buzz Dengan RebuzzThis

Beberapa hari yang lalu TweetMeme, meluncurkan fitur baru yaitu Follow Button untuk mengantisipasi trend penggunaan Twitter. TweetMeme sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan fitur Retweet Button yang memudahkan user untuk menyebarkan konten. Kini ada juga aplikasi sejenis untuk mengantisipasi trend Google Buzz.

Aplikasi itu bernama RebuzzThis, yang menurut situsnya, baru saja diluncurkan tanggal 5 Maret kemarin. RebuzzThis adalah aplikasi yang memungkinkan webmasters untuk membuat Google Buzz buttons dan menambahkannya di situs mereka, dan setiap link atau halaman web yang di buzz oleh user maka link atau halaman itu akan tampil juga di halaman depan situs RebuzzThis.

Pertumbuhan TweetMeme sepertinya menjadi ide bagi aplikasi ini untuk juga menangkap peluang trend Google Buzz, yang meski muncul dengan segala kekurangannya, namun Google terus memperbaiki fitur ini, dan ekosistem di sekitarnya pun terus bertumbuh, yang terbaru adalah munculnya situs BuzzAware yang berisi kumpulan aplikasi yang berhubungan dengan Google Buzz.

Aplikasi RebuzzThis selain memungkinkan pemilik web untuk menambahkan button, user yang ingin melihat berbagai konten yang di Buzz juga bisa melihatnya di web mereka, dan tersedia 5 pilihan tab untuk melihat konten yang di Buzz, mulai dari satu tahun kebelakang, 30 hari, 7 hari, 24 jam atau yang baru saja di Buzz. Tampilannya mirip dengan TweetMeme, dengan tampilan judul serta link konten yang di Buzz serta ada penunjuk jumlah komentar.

Tetapi, sepertinya yang ditulis TechCrunch perbedaan mendasar dari TweetMeme dengan RebuzzThis adalah cara penghitungan konten mana saja yang paling populer di klik, jika TweetMeme mencoba menghitung berdasarkan semua retweets, sedangkan RebuzzThis sepertinya hanya menghitung dari buzz dari situs mereka dan halaman web yang di buzz dari buttons RebuzzThis saja. Yang menjadikannya kurang maksimal dalam mengumpulkan konten yang paling di Buzz atau paling populer.

Dan, setelah beberapa waktu lalu muncul fitur button Buzz it, masihkah para pemilik web mau menambahkan satu lagi button di deretan button yang ada di situs mereka?

RebuzzThis masih dalam taraf beta, link konten yang di buzz pun masih sedikit, jadi masih bisa berkembang dan menjadi lebih baik, seperti juga yang ditulis di web mereka, ada rencana untuk membuat aplikasi ini menjadi lebih akurat dan berkembang lagi.

Jika anda tertarik, anda bisa mengunjungi situsnya di sini, lalu jika anda ingin menambahkan button-nya di situs atau blog anda, bisa mendapatkan kodenya di link ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again