1. Startup

Segera Diluncurkan: Proyek.in, Startup Showcase Anggota Komunitas Stasion Malang

Minggu lalu, di Facebook Group komunitas Stasion (komunitas startup kota Malang) diramaikan dengan sebuah post dari Revandi M (salah satu inisiator Stasion) tentang akan diluncurkannya sebuah media showcase startup khusus para anggota komunitas Stasion yaitu Proyek.in. Dari keterangan di situs ini, Proyek.in adalah media showcase dari para penggerak startup di kota Malang yang akan dikelola oleh komunitas, dan diharapkan juga dapat membantu dari sisi marketing, promosi, mendapatkan anggota tim atau bahkan pendanaan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Proyek.in ini, kami berkesempatan mewawancari Revandi M selaku inisiator komunitas Stasion dan orang dibalik Proyek.in ini. Berikut wawancara singkat kami dengan Revandi :

DS: Bisa dijelaskan secara detail apa itu Proyek.in?

Ide dasar dari Proyek.in ini adalah showcase untuk startup-startup anggota Stasion Malang yang mungkin tidak jauh berbeda dengan showcase yang ada di StartupLokal atau www.sortfolio.com. Tidak semua startup yang dikembangkan oleh anggota Stasion yang bisa ditampilkan disini, karena yang kita utamakan hanya startup yang dikembangkan oleh anggota-anggota resmi saja (memiliki kartu anggota). Untuk pengelolaan, Proyek.in ini akan dikelola oleh komunitas dan bukan perseorangan.

DS: Apa yang melatarbelakangi didirikannya Proyek.in?

Dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh Stasion dari awal hingga saat ini, kita mulai bisa melihat pertumbuhan startup-startup di kota Malang yang cukup bagus, khususnya di dalam komunitas Stasion sendiri. Dari sinilah kita mulai merasa perlu untuk membuat suatu wadah khusus dalam bentuk media yang memberikan kesempatan bagi anggota-anggota Stasion untuk mempresentasikan startup-startup yang sedang mereka kembangkan.

Di satu sisi, kita juga sedang membuat pengelolaan anggota Stasion. Sehingga kedepannya akan ada 2 jenis keanggotaan, yaitu keanggotaan reguler dan keanggotaan resmi yang berhak untuk memegang kartu keanggotaan Stasion dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Stasion; salah satunya seperti Proyek.in ini. Bagi anggota yang memang serius berkontribusi di dalam komunitas Stasion bisa mendaftar sebagai anggota resmi, kalo tidak juga tidak masalah. Karena untuk menjadi anggota resmi juga ada syaratnya yaitu sudah mengikuti event-event Stasion minimal sekian kali. Hal ini belum kita putuskan secara final, jadi tunggu saja nanti press release dari kita.

Dari sini bisa dilihat, bahwa Proyek.in adalah salah satu manfaat yang bisa kita tawarkan kepada anggota resmi Stasion.

DS: Apa tujuan didirikannya Proyek.in?

Bagi Anggota (Startup) 1. Sebagai media showcase untuk startup-startup yang mereka kembangkan 2. Sebagai media promosi/marketing 3. Sebagai media untuk saling berkolaborasi antar anggota dalam pengembangan suatu startup 4. Sebagai media untuk mendapatkan pendanaan, terutama dalam bentuk investasi

Bagi Investor: 1. Mempermudah investor untuk melihat/memantau sejauh mana perkembangan startup yang ada di kota Malang 2. Mempermudah investor untuk mendapatkan bibit startup unggulan dari kota Malang

Bagi Komunitas Stasion: 1. Sebagai salah satu media promosi komunitas Stasion untuk mencapai visi misi Stasion 2. Sebagai salah satu bukti manfaat dari eksistensinya komunitas Stasion 3. Sebagai sarana untuk memicu (trigger) pertumbuhan startup di kota Malang secara signifikan 4. Sebagai sarana untuk mengajak investor untuk melihat potensi bisnis yang bisa dikembangkan di kota Malang

DS: Kapan tepatnya Proyek.in diluncurkan?

Kita belum memutuskan kapan Proyek.in diluncurkan, yang jelas saat ini sudah dalam masa pengembangan. Rencana awal sih bulan Maret nanti kita luncurkan, tapi bisa maju juga bisa mundur.

DS: Setelah diluncurkan nantinya, apa rencana ke depan Proyek.in?

Pengembangan awal hanya fokus di showcase, selanjutnya Proyek.in akan dikembangkan menjadi media marketing/promosi, kolaborasi team dan mendapatkan pendanaan dari investor untuk startup-startup yang dikembangkan oleh anggota Stasion.


Perkembangan komunitas Stasion memang sangat pesat, dari awal terbentuk hingga sekarang memang cukup mengesankan. Tidak dapat dipungkiri banyaknya startup baru yang muncul dari kota Malang adalah juga karena andil dari komunitas Stasion, berbagai startup dari kota ini juga telah memenangkan berbagai macam kompetisi seperti SparxUp 2011, INAICTA 2011, Indigo Fellowship 2011, dsb.

Dan salah satu yang menarik perhatian adalah munculnya HackerSpace versi mereka, yaitu HackerStasion yang mendapat dukungan dari INBIS Universitas Brawijaya yang pernah kami ulas beberapa bulan yang lalu. Lalu apa kejutan berikutnya dari Stasion setelah Proyek.in? Mari kita tunggu sama-sama.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again