1. Startup

Seesmic Akuisi Ping.fm

Beberapa hari yang lalu saya, dan mungkin juga para pengguna aplikasi Seesmic, mendapatkan email dari Loic Le Meur founder Seesmic yang menjelaskan tentang apa yang telah Seesmic lakukan di 2009 dan rencana-rencana mereka untuk tahun 2010.

Di akhir email itu, Le Meur menutup dengan sebuah kalimat "Get ready for very busy 2010", dan yup!!! Kesibukan itu terbukti, minggu awal bulan Januari 2010, Seesmic sudah membuat gebrakan dengan mengakuisi Ping.fm. Seperti yang diberitakan TechCrunch, jumlah nominal akuisi ini memang belum diketahui, tapi yang jelas kedua co-founder Ping.fm, ikut juga berpindah masuk menjadi tim Seesmic.

Seesmic merupakan salah satu aplikasi streamreader/social networking apps yang paling menonjol diantara para pesaingnya seperti Brizzly, termasuk dulu, ketika aplikasi Twitter list pertama kali muncul, Seesmic termasuk salah satu desktop Twitter yang mengintegrasikan fungsi ini. Kini Seesmic memang sudah tidak pantas di sebut sebagai desktop Twitter lagi, karena mereka tidak hanya menyediakan stream line dari Twitter saja tapi social networking lain, dan kini dengan akuisi atas Ping.fm, akan membawa Seesmic pada babak baru mereka.

Tahun 2010 sepertinya akan menjadi tahun yang ambisius bagi Seesmic, dengan target one million status updates a day, sepertinya akuisi ini hanya salah satu langkah dari langkah lainnya yang akan ditempuh Seesmic. Gigaom menyebutkan, Seesmic mendapatkan dana $12 miliion dari para investor, dengan dana ini, sepertinya proses belanja mereka tidak akan berhenti di sini.

Ping.fm dengan fasilitasnya mengupdate status di banyak aplikasi, setidaknya ada 50 social network, lalu email dan chat, dikombinasikan dengan Twitter apps dari Seesmic untuk Android, Balckberry, Windows, Web, OSX via Air, lalu ratusan tibu orang yang menikmati fasilitas Seesmic setiap harinya, tentu target yang ditetapkan Seesmic adalah target yang ambisius tapi sangat mungkin di capai.

Kini kita tinggal menunggu seperti apa perkembangan selanjutnya yang akan dilakukan oleh Seesmic, apakah terus mencari akuisi baru atau mulai berkonsentrasi mencari pemasukan dengan model bisnis yang telah disiapkan, dan akan mulai dijalankan di tahun 2010.

Yang pasti, awal tahun sudah ada berita seperti ini, saya sih tentu saja semakin semangat untuk mengikuti perkembangan internet global, untuk lokal, curi denger akan ada banyak startup atau aplikasi baru yang akan segera muncul di awal tahun baru, semoga saja terus seperti itu sepanjang tahun. :D

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again