1. Startup

SCOOP Dapatkan Pendanaan dari Gobi Partners dan MGI

Apps Foundry mengumumkan pendanaan sebesar S$ 1 juta (sekitar Rp 7 miliar) dari Gobi Partners dan Mitsui Global Investment (MGI) untuk mengembangkan aplikasi unggulan SCOOP yang menjadi e-reader terkemuka di Indonesia untuk iPad. Apps Foundry sendiri merupakan perusahaan pengembang anak bangsa yang berpusat di Singapura dan dipimpin oleh Willson Cuaca yang juga merupakan partner di East Ventures.

SCOOP sampai sekarang secara konsisten terus berada di jajaran 10 besar aplikasi berpendapatan terbesar di iTunes Indonesia App Store. Di usianya yang baru menginjak satu tahun, sudah banyak pencapaian yang diraih oleh mereka. Aplikasi SCOOP telah diunduh dari App Store sebanyak lebih dari 120 ribu kali dan telah mengantarkan 700 ribu majalah digital ke iPad masing-masing pengguna. Diklaim bahwa 70% dari majalah yang beredar di Indonesia telah bergabung dengan Scoop dan menjual versi digitalnya di newsstand SCOOP.

Awal bulan ini, SCOOP telah berhasil melakukan kerjasama dengan Samsung untuk mem-bundle aplikasi yang didukung oleh SCOOP untuk jajaran Android Samsung. Saat ini aplikasi tersebut telah tersedia untuk Samsung Galaxy Note dan berikutnya akan hadir untuk device Samsung Tab lainnya. Ini sejalan dengan komitmen Samsung yang pernah kami ulas sebelumnya untuk lebih banyak mendukung karya anak bangsa. Selain itu di tahun 2012 SCOOP juga akan mengembangkan produknya untuk mendukung majalah interaktif dengan teknologi HTML5.

Layanan e-Reader dan e-Kiosk menjadi lahan yang menarik seiring dengan meningkatnya minat kelas menengah Indonesia untuk berlangganan media cetak secara digital. Saya pribadi sudah beralih ke ranah digital untuk pembelian majalah karena buat saya selain mudah disimpan dan mudah pembayarannya, ini merupakan bagian dari kepedulian saya untuk mengurangi penggunaan kertas dan mendukung kampanye go green. Sementara ini ada dua pemain besar di area ini, SCOOP dan Wayang Force. Yang terakhir dikembangkan oleh PhaseDev.

Ku Kay Mok dari Gobi Partner akan bergabung dengan Batara Eto, co-founder Mixi, di jajaran direktur. Sebelumnya, SCOOP pernah mendapatkan investasi dari East Ventures dan Nic Lim, co-founder Catcha.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again