1. Startup

RockMelt Melakukan Pembaruan Pertama Atas Versi Beta Mereka

RockMelt merilis update atas layanan mereka. Peramban yang memfokuskan diri pada aspek sosial ini, kini mengumumkan perbaikan serta penambahan fasilitas baru untuk para penggunanya.

Saat ini RockMelt masih dalam versi beta dan untuk menggunakannya, RockMelt masih menerapkan sistem by invitation only. Saya sendiri menjadi pengguna RockMelt, salah satunya dikarenakan, peramban ini berbasis Chromium, serta adanya beberapa fitur yang saya sukai selain fitur sosial, seperti fasilitas pencarian a la RockMelt.

Kini RockMelt merilis update untuk versi terbaru peramban mereka. Versi terbaru RockMelt adalah versi 0.8.36.74, pembaruan yang dirilis berfokus pada perbaikan atas stabilitas RockMelt yang dilakukan seiring perkembangan Chromium yang kini telah sampai ke versi 7. Perbaikan lain yang dilakukan RockMelt antara lain berhubungan dengan layanan integrasi Facebook serta fasilitas sharing konten dan rilis aplikasi untuk Gmail Notifier.

RockMelt adalah peramban yang memberikan banyak fasilitas tambahan yang berbau sosial, seperti fasilitas integrasi dengan Facebook, fasilitas button share konten, lalu fasilitas untuk melihat, meng-update status ke layanan lain, serta berbagai fasilitas untuk menambah RSS dari situs yang akan langsung muncul pada panel sisi kanan peramban RockMelt.

Pada update pertama ini RockMelt memberikan fasilitas bagi pengguna yang memungkinkan mereka langsung mengirimkan post langsung dari aplikasi masing-masing, misalnya untuk Twitter App di RockMelt, jika sebelumnya Anda bisa menggunakan button share yang ada di sebelah kolom pencarian untuk nge-tweet, kini Anda bisa melakukannya langsung di aplikasi tersebut. Caranya, setelah Anda mengklik ikon Twitter, nantinya akan ada kotak 'compose' untuk mem-posting konten ke akun Twitter Anda. Untuk aplikasi Twitter ini, pengguna juga bisa menikmati balon notifikasi yang akan muncul ketika ada Tweet baru di timeline Anda.

Pembaruan lain atas peramban RockMelt antara lain rilis aplikasi notifikasi Gmail. Aplikasi ini akan memberikan fasilitas notifikasi ketika ada email baru yang masuk inbox, untuk menggunakan aplikasi ini pengguna cukup membuka akun Gmail, sign in dan kemudian klik button 'add apps' dibagian bawah panel aplikasi di bagian kanan.

Lalu untuk aplikasi Facebook, kini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas khas Facebook seperti update status, langsung dari aplikasi Facebook dengan mengklik pilihan 'compose' RockMelt juga memudahkan Anda untuk mengirimkan pesan serta menulis di wall relasi Facebook, Anda tinggal melakukan klik pada ikon profil relasi Facebook Anda di panel bagian kanan, maka RockMelt akan menampilkan kotak menu untuk melakukan berbagai fungsi ini.

RockMelt juga memperbaiki proses start-up peramban mereka, fasilitas layar penuh, kontekstual menu serta fasilitas filter untuk feed yang telah ditambahkan dalam peramban RockMelt Anda.

Setelah mencoba beberapa fasilitas di versi beta terbaru RockMelt, fasilitas Tweet secara langsung dari aplikasi Twitter di RockMelt adalah penambahan yang cukup membantu untuk fasilitas pada aplikasi Twitter di RockMelt, selain itu balon notifikasi juga cukup membantu untuk memberikan pemberitahuan atas update baik dari timeline Facebook maupun Twitter.

Namun memang ini akan tergantung dari pengguna sendiri, ada beberapa teman saya yang telah menggunakan RockMelt merasa terganggu dengan beberapa penambahan panel baik di sisi kiri dan kanan yang membuat distraksi. Namun bagi pengguna peramban yang juga menggunakan berbagai fasilitas sosial, sepertinya RockMelt bisa menjadi pilihan, minimal selain Flock. Namun, meski RockMelt telah mengatakan mereka memperbaiki update yang terjadi pada layanan aplikasi Twitter dan Facebook, saya masih merasakan update masih kurang mulus atau cukup lambat, serta tidak ada fasilitas rekomendasi akun ketika kita mengetikkan nama akun pengguna.

Untuk memperluas pengguna mereka, RockMelt juga melakukan perbaikan atas sistem undangan mereka, kini proses pengiriman undangan bagi mereka yang telah memiliki RockMelt Invites semakin mudah, pengguna juga akan diberikan tambahan undangan ketika relasi mereka telah mengunduh RockMelt.

RockMelt memang mendapatkan publikasi yang cukup luas, salah satunya dikarenakan aspek sosial yang ada pada layanan mereka (yang juga berhubungan dengan dampak aplikasi sosial yang digunakan banyak orang).

RockMelt sampai saat ini masih terbatas undangan saja, dan hal ini memberikan rasa penasaran dengan berbagai pembaruan yang akan mereka lakukan di masa depan, terutama dari segi fasilitas sosial. Fitur sosial yang ada pada RockMelt memang mirip add-on pada Firefox atau ekstensi pada Google Chrome, persaingan antar peramban akan bertambah seru, jika RockMelt terus mengembangkan layanan, terutama pada core service mereka.

Sebagai pemberitahuan, saya masih punya beberapa undangan untuk Anda yang tertarik mencoba layanan RockMelt, seperti di tulisan saya terdahulu, Anda bisa mengirimkan email ke wiku@dailysocial.net, berhubung undangan hanya bisa dilakukan dengan akun Facebook, jadi tentunya Anda harus mempunyai akun Facebook. Untuk Anda yang telah mengirimkan email untuk mendapatkan undangan, cek balasan email untuk informasi cara mendapatkan undangan RockMelt.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again