Bagi pengguna Facebook Lite, berita ini mungkin salah satu berita paling tidak mengenakkan yang keluar dari layanan yang kini semakin tumbuh besar, Facebook. Dari status akun fan page Facebook, dimumumkan bahwa Facebook Lite kini tidak lagi didukung oleh Facebook.

Yang artinya kini anda tidak bisa lagi menggunakan versi ringan dari Facebook. Jika biasanya Facebook Lite ini sangat berguna untuk jaringan internet yang sedang tidak bagus, maka kini ketika anda mengakses Facebook Lite anda akan diarahkan ke situs reguler dari Facebook.

Beberapa teman saya menyukai Facebook Lite, selain karena tampilannya yang minimalis tentu saja fungsi utamanya, versi ringan ini sangat membantu ketika kita sangat membutuhkan askes ke Facebook tapi jaringan internet sedang tidak bersahabat (yang sangat sering terjadi di negara kita ini).

Apakah ini menjadi berita buruk bagi negara berkembang yang akses internetnya juga masih berkembang dan tidak sebagus negara maju? Bisa jadi, tetapi bisa juga tidak, dari status pengumuman 'penutupan'  Facebook Lite ini, ada satu statement yang bisa mengindikasikan hal lain.

Facebook mengatakan bahwa mereka telah mengambil banyan pelajaran dari Facebook Lite, meski belum jelas pelajaran apa yang mereka ambil, ini bisa mengindikasikan bahwa mereka sedang mempersiapkan fitur baru yang mirip-mirip Facebook Lite, mungkin saja mereka mengumumkannya di f8. Atau Facebook akan berkonsentrasi pada Facebook Zero, yang mereka luncurkan sekitar bulan Februari kemarin?

Kalau melihat komentar para user di Facebook fan page, tidak sedikit yang menyesalkan dan menginginkan Facebook Lite tetap di support oleh Facebook, alasannya beberapa user menyukai tampilannya yang ringkas dan fokus pada fungsi social networking-nya.

Kita lihat saja, setelah beberapa pengumuman tentang fitur baru Facebook kemarin, conference f8 (yang sedang berlangsung ketika saya menulis artikel ini) memang layak ditunggu, sementara itu, bagaimana dengan pendapat anda dengan 'penutupan' Facebook Lite ini, apakah anda salah satu penggunanya? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Gambar diambil dari GeekyGadgets.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again