1. Startup

Ambisi Rangkai Berdayakan Sineas Lokal Melalui Platform Video-On-Demand

Platform ini telah menjual lebih dari 25 ribu tiket dengan lebih dari 111 koleksi film lokal

Setelah sempat terpukul ketika pandemi melanda, industri perfilman Indonesia kembali bangkit. Berbagai judul film mulai diproduksi dan tayang, baik di bioskop maupun platform digital. Meskipun begitu, jumlah penonton masih terbilang di bawah standar (sebelum pandemi).

Menurut penelitian, terdapat lebih dari 3000 film Indonesia yang bernasib idle, dibuat namun hanya disimpan. Salah satu penyebabnya ditengarai belum sempurnanya infrastruktur perfilman, terutama ekshibisi atau akses menonton. Hanya ada 517 bioskop di Indonesia, lebih dari 60% berada di wilayah Jabodetabek. Hal ini membatasi akses bagi penonton di kota tier 2 dan 3.

Hal ini menginspirasi Rangkai untuk membuat platform yang bisa mempertemukan film Indonesia dengan penonton baru. Selain itu, rendahnya aksesibilitas tayangan lokal berkualitas dengan harga terjangkau juga menjadi alasan lain hadirnya platform video-on-demand ini. Rangkai memiliki visi untuk menjadi ekosistem digital yang menumbuh-kembangkan ekonomi kreatif Indonesia.

Tidak hanya sekadar layanan platform film online, Rangkai memiliki aspirasi untuk turut membangun dan merangkai sektor perfilman Indonesia, dimulai dari film dan komunitas lokal. Sebagai ekshibitor film, pihaknya berkolaborasi dengan sineas dari berbagai kota di Indonesia. Sehingga, karya lokal dapat ditonton dan dinikmati secara nasional.

Founder & CEO Rangkai Redemptus Rangga mengungkapkan, "Kami tidak membatasi film kami menjadi hanya film naratif yang populer. Kami ingin memberikan wadah pada sineas muda sedari mereka di sekolah menengah untuk dapat menunjukan karyanya. Kami menyimpannya sebagai aset yang dapat terus bergulir sebagai pemasukan pasif sineas."

Dari sisi pengguna, Rangga juga melihat adanya penurunan minat kepada sistem langganan bulanan. Film-film unggulan tersebar di berbagai OTT dengan sistem langganan bulanan. Hal ini memberatkan pengguna karena mereka harus mengeluarkan dana berlangganan yang lebih besar ketika mereka hanya ingin menonton beberapa film saja di sebuah platform.

Maka dari itu, Rangkai.id menggunakan sistem pay-per-view. Pengguna memiliki keleluasaan untuk memilih dan membayar film-film yang ingin mereka tonton – seperti di bioskop – dengan harga yang terjangkau. Tiket film yang mereka beli berlaku selama 24 jam. Perusahaan juga telah bermitra dengan provider dompet digital untuk menambah opsi pembayaran pengguna.

Rangga juga menambahkan bahwa keberdayaan ekonomi para sineas juga menjadi fokus selanjutnya dalam mengembangkan ekosistem. Oleh karena itu, Rangkai menerapkan sistem bagi hasil, tiap tiket yang terjual akan dibagi 50:50 antara platform dan sineas setelah dipotong pajak.

Perusahaan juga membangun sistem metadata untuk sistem pencaharian pengguna yang lebih akurat. Semakin banyaknya film, semakin sulit pengguna mengingat judulnya. Sistem pencaharian film di Rangkai.id dapat mencari momen spesifik di film tersebut meskipun tidak ada di judul. Misalnya, jika ingin mencari kata “Mobil” di kolom search akan keluar film-film dengan adegan mobil dalam filmnya.

Rangkai juga telah melakukan beberapa kerja sama dengan program pemerintah, festival, komunitas, dan akademisi. Film hasil kurasi dalam program kerjasama dapat ditayangkan di program kami. Sehingga, audiens dari masing-masing program kerjasama diharapkan akan tertarik menjadi pengguna Rangkai untuk dapat menonton karya tersebut.

Dari segi kurasi, Rangkai memastikan bahwa tiap produk film atau konten yang tayang memiliki kualitas yang baik dan mengutamakan inklusivitas dari berbagai kota di Indonesia. Hingga saat ini, Rangkai telah berhasil menjual lebih dari 25 ribu tiket dengan lebih dari 111 koleksi film lokal pilihan.

Ia juga mengungkap 4 hal yang menjadi tantangan selama menjalani legalitas, pendanaan, kepercayaan industri, kesadaran publik dan penjualan. "Saya rasa selain poin legalitas solusinya adalah waktu dan determinasi kami untuk terus menyebarluaskan informasi terkait Rangkai secara benar dan transparan," ungkapnya.

Untuk perihal legalitas sendiri ini sifatnya lebih kepada peraturan negara, saya rasa untuk poin ini solusinya adalah untuk tetap terus aktif serta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan hingga kompetitor, untuk dapat bersama membangun wadah yang berdampak baik dan benar bagi masyarakat luas, khususnya sektor perfilman Indonesia.

Potensi dan fokus ke depan

Tidak bisa dimungkiri bahwa pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak negatif dan positif di sektor perfilman Indonesia. Tahun ini disebut sebagai momentum yang tepat untuk dapat mengembangkan dan mendorong ekosistem perfilman bersama. Selama dua tahun ke belakang, ketika membangun Rangkai, Rangga turut mengobservasi sektor perfilman Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa sektor perfilman Indonesia memiliki dinamika yang menarik karena berhubungan erat dengan kesenian dan kebudayaan serta menjadi salah satu poin utama di sektor ekonomi kreatif. Rangga pun melihat kenaikan dari sisi kuantitas dan kualitas film Indonesia. Hal ini menjadi salah satu acuan bahwa kondisi perfilman Indonesia saat ini lebih baik dan memiliki potensi yang besar.

Disrupsi teknologi saat pandemi covid-19 menjadi salah satu pengaruh gaya hidup seseorang khususnya dalam mendapatkan kebutuhan hiburan. Meskipun Rangkai.id hadir di masa pandemi, produk kami tidak meresponx secara langsung akan kebutuhan di masa pandemi saja. Keberlanjutan menjadi fokus utama melihat kebutuhan konsumen akan hiburan digital lokal serta sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada.

More Coverage:

"Harus kami akui, bahwa disrupsi teknologi saat pandemi covid-19 memberikan dampak percepatan edukasi produk Rangkai.id kepada pengguna kami. Selain itu, saat ini mulai terjadi tren pertumbuhan di sektor ekonomi kreatif Indonesia. Rangkai melihat potensi dan kemajuan produk digital ekonomi kreatif, khususnya di sektor perfilman, sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi secara global," ungkap Rangga.

Fokus perusahaan di tahun pertama adalah mencari bentuk model bisnis yang menuai profit. Perusahaan memutuskan untuk bermain di ranah profit game. "Dan sangat bersyukur, atas kerja-bersama semua pihak khususnya tim kecil kami yang hebat, Rangkai.id sudah membukukan keuntungan/profit di tahun pertama," tambahnya.

Di tahun ini perusahaan akan mengarahkan fokus pada peningkatan kapasitas SDM, organisasi dan produk. Kami sudah berencana mencari pendanaan untuk mempercepat serta memperluas pertumbuhan organisasi serta unit bisnis kami, agar dapat menjalankan ekosistem yang sirkuler serta menjadi fondasi infrastruktur digital sektor ekonomi kreatif Indonesia khususnya di perfilman.

"Inisiatif kami untuk lebih hyper-local market, hadir secara langsung dan berjalan bersama dengan sineas, transparansi, sharing economy serta berfokus pada pengembangan infrastruktur digital ekonomi kreatif Indonesia," tutupnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again