1. Startup

Quora Siap Digunakan Oleh Publik

Aplikasi yang menyediakan layanan Question & Answers, Quora, telah dirilis untuk publik, setelah sebelumnya hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu, kini siapapun bisa mulai menggunakan layanan ini.

Quora menyediakan layanan pertanyaan dan jawaban (Q&A) dari pengguna lain yang dikumpulkan, di-edit dan dikelompokkan secara kolaborasi. Pengguna yang ingin berpartisipasi harus menyertakan foto profil serta nama asli mereka.

Satu hal yang sering diperbincangkan dari Quora adalah founder mereka yang merupakan mantan karyawan Facebook, serta kucuran dana yang mereka dapatkan, Techcrunch menyebutkan mereka mendapatkan dana sebesar 11 juta dollar, sedangkan Wall Street Journal menyebutkan 14 juta dollar.

Anda yang tertarik untuk menggunakan layanan ini bisa membuat akun dengan menggunakan akun Facebook anda atau sign up menggunakan Twitter. Di Quora anda bisa mengajukan pertanyaan atau mencari pertanyaan, selain itu anda juga bisa Follow Question untuk tetap selalu update atas jawaban serta perkembangan dari suatu topik tertentu.

Well, tampak tidak berbeda dengan layanan sejenis seperti Aardvark yang diakuisi Google, Yahoo Answers, Wiki Answers, atau layanan Q&A dari Facebook yang telah ada dan masuk dalam tahap beta. Salah satu yang ditonjolkan dari Quora, seperti yang dituliskan di situs mereka, antara lain data pengguna yang tidak bisa anonymous sehingga pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh pengguna lain bisa dipertanggungjawabkan atau minimal bisa di cek tingkat validitas jawabannya, meskipun setelah anda terdaftar, pengguna tetap bisa merubah 'jati diri' mereka dalam mengajukan jawaban, jika profil mereka tidak ingin terlihat oleh publik.

Saya mencoba mendaftarkan dengan akun Facebook saya, ternyata setelah melakukan konfirmasi saya akan masuk dalam halaman awal Quora dan langsung disuguhkan oleh beberapa topik Q&A yang bisa saya 'follow', dan satu hal lain yang menarik, karena saya mendaftarkan diri dengan akun Facebook, maka akan muncul beberapa topik yang diambil dari data topik yang saya sukai di Facebook, yang diambil dari data like and interests.

Topik dari Facebook ini juga bisa langsung kita 'follow' di Quora, dan kalau kita melakukan klik atas suatu topik, akan tersedia juga kumpulan Q&A atas topik tersebut. Karena mengambil data dari Facebook, untuk topik di Quora juga menampilkan keterangan tentang siapa saja yang 'follow' topik tersebut di Facebook.

Fasilitas yang cukup memudahkan, terutama bagi pengguna baru. Quora juga tentunya akan bersaing dengan berbagai layanan lain, seperti yang disebutkan diatas, yang berarti tingkat persaingan sudah tinggi, apalagi untuk mendapatkan jawaban tanpa bantuan robot (mesin pencari) kita juga bisa menggunakan social network, misalnya tinggal tweet tentang pertanyaan tertentu, relasi kita yang punya jawaban bisa langsung menjawabnya.

Dan satu lagi, permasalahan tentang kualitas pertanyaan serta jawaban, selalu akan 'menghantui' layanan Q&A, ketika user bertambah banyak, pertanyaan semakin crowded, bisa saja muncul pertanyaan-pertanyaan 'aneh' serta jawaban yang sama sekali tidak membantu.

Tapi, tampilannya yang clean serta beberapa pertanyaan serta jawaban 'berbobot' yang sempat saya lihat bisa membuat saya mencoba Quora untuk mencari pertanyaan tertentu, bagaimana dengan anda? Sudah mencoba layanan Quora? Bagaimana pendapat anda tentang layanan Q&A semacam Quora? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again