1. Startup

PesanAja Hadirkan Pesan Makanan Secara Online di Kawasan Bandung

Pemesanan makanan melalui sambungan telepon sudah lumrah dilakukan sejak dulu, tapi di era yang serba terkoneksi internet seperti sekarang ini pesan antar makanan juga dapat dilakukan secara online. Mengusung nama PesanAja, startup ini memungkinkan pengguna untuk memesan ragam jenis makanan yang disukai langsung melalui perangkat komputer, smartphone, hingga tablet. PesanAja tersedia sebagai aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android.

Konsep yang diusung oleh PesanAja sebenarnya tidak baru, jika telah membaca artikel-artikel kami di tahun 2012 lalu. Akan ditemukan nama-nama seperti FoodPanda dan Klik-Eat yang juga menghadirkan layanan yang serupa. Hadirnya PesanAja memberikan alternatif pilihan bagi para pengguna dalam memesan makanan secara online – terutama bagi konsumen yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Seperti yang tertera di situsnya, layanan pesan antar makanan yang diusung oleh PesanAja saat ini hanya terbatas pada wilayah kota Bandung dan sekitarnya saja. Rencana ke depannya mereka juga akan melayani wilayah kota Batam. Keterbatasan wilayah layanan tersebut bisa jadi berkaitan dengan keterbatasan SDM yang dimilikinya.

Terlepas dari keterbatasan wilayah yang dimilikinya, fitur-fitur PesanAja tentu cukup menarik untuk disimak. Fitur yang dihadirkan oleh PesanAja cukup umum untuk ditemui pada layanan lainnya yang serupa. Meskipun demikian saya memperhatikan ada beberapa fitur yang cukup membuat suatu perbedaan yang cukup mendasar antara PesanAja dan kompetitor lainnya.

Jika pada FoodPanda maupun Klik-Eat dijabarkan satu per satu nama restoran yang telah masuk ke dalam layanannya, berbeda halnya dengan PesanAja yang menjabarkan pengklasifikasian ragam jenis makanan yang ingin dipesan, mulai dari masakan Padang, masakan Sunda, masakan Cina, Jepang, Timur Tengah, Western, hingga makanan kemasan jadi sekalipun. Total jenis makanan yang dihadirkan seluruhnya ada 12 jenis yang di dalamnya terpampang sejumlah nama-nama restoran yang menghadirkan menu  sesuai dengan jenis masakannya.

Selain pengkategorian makanan tadi, pengguna PesanAja juga dapat mengetahui apakah restoran yang ingin dipesannya sudah beroperasi atau belum. Bakal muncul tanda tutup saat kita mengecek PesanAja di luar jam operasional restoran yang bersangkutan.

Ditur-fitur lain yang tak kalah menarik untuk disimak ialah hadirnya fitur tracking status pesanan secara real-time dan juga memilih bagaimana pesanan akan disampaikan ke konsumen. Konsumen dapat memilih apakah pesanannya tersebut akan diantar ke alamat tujuan atau diambil di tempat (take-away). Fitur ini tentu dapat menghemat waktu dan menghindarkan diri dari antrian di restoran yang membosankan.

Melengkapi fitur dan layanannya tersebut, PesanAja menerapkan sistem pembayaran tunai di tempat bagi pengguna yang menggunakan layanan delivery atau pembayaran langsung di restoran ketika memanfaatkan layanan take-away. Untuk saat ini PesanAja belum menerapkan layanan berbasis kartu ataupun mata uang digital (e-wallet/mobile wallet) yang kerap digunakan untuk transaksi online. Ke depannya diharapkan layanan pembayaran online juga dapat dihadirkan untuk kemudahan transaksi.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again