1. Startup

Perubahan Tampilan Profile Info di Facebook

Facebook nampaknya sedang memperbaharui tampilan fitur profile untuk user mereka, perubahan ini sepertinya mengikuti beberapa perkembangan yang mereka lakukan beberapa waktu yang lalu termasuk perubahan 'button become a fan' menjadi 'Like' serta penambahan page dengan tipe community serta perkembangan tentang connected profile yang berpengaruh pada para user dalam terkoneksi dengan berbagai page yang ada di Facebook dengan profile user.

Perubahan yang terjadi mulai dari tampilan profile di bagian info user, yang kini terlihat lebih rapih, dan ada perpindahan posisi dari pembagian grid yang mengelompokkan informasi tentang user di kelompok 'About Me' berada di atas, kemudian bagian Work and Education, lalu Like and Interest yang kini terdapat foto profile dari salah satu 'Interest atau pages yang user 'Like'. Serta informasi tentang kontak user yang kini berada di paling bawah.

Perubahan lain yaitu tentang bagaimana cara user dalam melakukan konfirmasi atas halaman yang akan muncul di profile user. User melakukan pilihan atas page apa saja yang mereka ingin tampilkan di profile mereka, mulai dari bagian pekerjaan dan pendidikan sampai dengan bagian Like and Interest.

User tinggal mencentang dari pages yang ingin ditampilkan di profile mereka, Facebook juga menjelaskan untuk bagian education dan work pages, jika user mencentang info tentang pendidikan dan pekerjaan mereka, maka Facebook akan menambahkan halaman tambahan yang berisi keterangan tentang pekerjaan utama user serta nama dari pekerjaan mereka.

Dengan melakukan centang pada pages yang maka user akan membuat halaman-halaman itu tampil untuk publik, dan jika kebalikannya maka info profile user akan kosong.

Berikut contoh screenshot. Pertama ini adalah tampilan profile info user.

Kemudian ini tampilan untuk fitur konfirmasi atas pages yang akan ditampilkan untuk publik, user tinggal mencentang halaman mana saja yang ingin ditampilkan.

Untuk halaman yang dicentang, maka akan tampil lebih jelas untuk menunjukkan pilihan mana saja yang user lakukan atas halaman yang akan tampil di info profile untuk publik mereka.

Lalu jika user tidak melakukan pilihan apapun dengan tidak mencentang semua halaman atau halaman tertentu maka akan muncul notifikasi yang memberikan peringatan bahwa jika user tidak melakukan pilihan untuk menampilkan halaman info profile mereka, maka nantinya halaman info tersebut akan kosong.

Tampilan ini mungkin sudah bisa dinikmati oleh beberapa user, tapi sebagai tampilan di sebagai user juga belum berubah, contohnya di halaman Facebook Rama, grid serta tampilan info atas profile dia masih berbentuk teks saja, sedangkan di info profile Facebook saya, tampilannya seperti di screenshot yang pertama, grid yang lebih rapih dan agak berjarak serta ada keterangan berupa foto pages.

Perubahan ini tampilan ini memang terlihat membuat info profile agak lebih menarik dan mudah dilihat, tapi sebaiknya membaca dan melakukan pilihan yang bijak untuk keterangan apapun yang ingin ditampilkan untuk publik, disetiap isian atau pilihan yang akan dilakukan user biasanya Facebook memberikan pilihan 'learn more' yang bisa user klik untuk mempelajari pilihan perubahan yang akan user lakukan.

Perkembangan Facebook memang sering kali berbenturan dengan masalah privacy, tapi tetap pilihan ada ditangan user untuk mempost atau menyediakan berbagai informasi dan keterangan yang mana yang bisa diakses publik dan mana yang tidak. Internet memang kadang menjadi daerah abu-abu ketika masuk dalam ranah mana yang privat dan mana yang tidak, maka jangan malas untuk mempelajari dampak perubahan konten info akun untuk mencegah informasi yang bukan untuk publik menjadi terekspose.

Anda telah menikmati perubahan tampilan ini? Bagaimana pendapat anda, apakah semakin memusingkan atau justru malah mempermudah, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again