1. Startup

Peramban RockMelt Kini Tersedia Untuk Publik, Masuk Tahap Open Beta

Peramban RockMelt kini tersedia untuk pengguna umum dan bisa diunduh tanda harus memiliki undangan terlebih dahulu. Sebelumnya, pengguna yang tertarik untuk mencoba peramban yang mengedepankan sisi sosial ini diharuskan mendapat undangan dari pengguna lain untuk bisa mengunduh dan menggunakan RockMelt.

Dari pengumuman resmi mereka, setelah merilis versi private beta selama 122 hari yang lalu, RockMelt yang dirilis secara private beta bulan November tahun 2010, kini tersedia secara publik, siapapun yang ingin mencoba peramban RockMelt bisa mengunguh langsung dari situs mereka.

RockMelt merupakan peramban yang menggunakan teknologi Chromium (sama seperti yang digunakan Google Chrome) dan mengedepankan elemen sosial. Pengguna mengintegrasikan RockMelt dengan akun Facebook mereka, terdapat juga fasilitas untuk membagikan konten, serta fasilitas untuk melihat RSS pada panel kanan.

Berbagai pembaruan juga telah mereka lalukan selama masa private beta, sekitar 15 kali pembaruan serta penambahan berbagai fitur baru seperti aplikasi YouTube serta fasilitas Quick Launch.

RockMelt juga sempat menjadi perbincangan dan banyak mendapat sambutan pengguna, salah satunya dikarenakan elemen sosial yang terintegrasi pada peramban mereka, namun tidak sedikit juga yang meragukan peramban ini akan 'bertahan' dan bersaing dengan peramban lain, karena beberapa fasilitasnya sedikit banyak bisa disamakan dengan ekstensi atau plugin di peramban lain.

Persaingan antara peramban untuk mendapatkan pengguna memang cukup sengit, pada kemunculannya RockMelt bersaing dengan Flock yang dibeli oleh Zynga, di sisi lain, peramban populer lainnya terus menjalankan pembaruan versi masing-masing, seperti Firefox yang baru-baru ini telah masuk dalam versi RC untuk versi terbaru Firefox 4 dan Internet Explorer 9 juga tengah bersiap untuk meluncur tanggal 14 Maret nanti. Google Chrome juga terus memperbaharui peramban mereka dengan update terbaru versi stabil dengan Chrome 10.

TechCrunch menyebutkan bahwa pengguna RockMelt saat ini kurang dari satu juta orang, telah mengunduh peramban RockMelt dan melakukan registrasi, pengguna aktif yang membuka peramban ini rata-rata selama 6 jam per hari, pengguna berinteraksi dengan teman Facebook mereka (pada bagian kiri panel) selama 3 kali sehari, serta fasilitas panel kanan (feed dan aplikasi) selama 2.5 kali per jam. Serta memiliki pengguna mayoritas (65%) adalah pengguna international.

Anda, pengguna Windows dan Mac bisa mengunduh peramban RockMelt pada tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again