1. DScovery

Pengertian Metode Kualitatif dalam Penelitian disertai Prinsip dan Jenis Pengambilan Data

Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam menyusun sebuah penelitian, salah satunya dengan menggunakan metode kualitatif. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian sampai jenis pengambilan data metode kualitatif.

Penelitian adalah sebuah upaya yang dilakukan dengan cara sistematis dan rasional untuk menemukan jawaban atas suatu permasalahan, hasil dari penelitian adalah data yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk melakukan penelitian ada beragam metode yang bisa digunakan oleh peneliti, salah satunya adalah metode kualitatif.

Mungkin untuk sebagian orang kata kualitatif menjadi salah satu istilah yang paling sering didengar saat melakukan penelitian. Lalu sebenarnya apa sih pengertian dari metode kualitatif? Simak penjelasan pada artikel di bawah ini!

Pengertian Metode Kualitatif

Metode kualitatif adalah sebuah prosedur atau cara yang biasa digunakan untuk memperoleh hasil penelitian terkait suatu masalah. Metode kualitatif adalah metode yang dipengaruhi oleh pandangan mengenai upaya dalam merekonstruksi realitas dan memberikan makna. Penelitian dengan metode kualitatif biasanya lebih berfokus pada proses kejadian atau peristiwa yang terjadi.

Metode kualitatif juga biasanya melibatkan interaksi akan realitas yang sedang diamati oleh seorang peneliti. John W. Cresswell memberikan sejumlah asumsi mengenai pandangan paradigma dalam penelitian kualitatif, menurutnya kualitatif berusaha memandang realitas yang terjadi sebagai hasil rekonstruksi individu dalam situasi sosial. 

Lebih lanjut John W. Cresswell juga mengungkapkan bahwa berdasarkan epistemologis, penelitian kualitatif membahas mengenai jalinan intens yang terjadi antara interaksi dengan realitas yang sedang diteliti. Dengan kata lain, metode kualitatif dalam penelitian dianggap menggunakan logika induktif berdasarkan penemuan data-data di lapangan melalui informan.

Prinsip Metode Kualitatif

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penelitian dengan metode kualitatif cenderung mendapatkan data dari para informan. Lalu sebenarnya siapa yang bisa disebut sebagai informan dalam penelitian kualitatif? Informan adalah seseorang yang terlibat secara langsung dengan masalah yang sedang diteliti, biasanya informan dipilih berdasarkan persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam penelitian.

Penelitian dengan metode kualitatif memiliki beberapa prinsip penelitian yang perlu diperhatikan seperti, kesukarelaan yang diberikan informan untuk memberikan data kepada peneliti. Hal ini berkaitan juga dengan sifat kualitatif yang berupaya menjelaskan makna dari realitas yang terjadi. Kesukarelaan yang dimaksud disini menyangkut mengenai kerahasiaan informan serta hak privasi.

Kesukarelaan sebagai prinsip metode kualitatif juga diartikan bahwa hasil penelitian, tidak akan memberikan dampak yang akan merugikan informan atau timbulnya sebuah konflik. Selanjutnya metode kualitatif juga menganut prinsip mengenai persetujuan atau izin yang diberikan informan dalam penelitian. 

Perlu diingat penelitian yang menggunakan metode kualitatif harus mengkonfirmasi kembali kesimpulan dari jawaban yang diberikan peneliti, hal ini berfungsi untuk menghindari terjadinya kesalahan persepsi. Meskipun demikian, perilaku tersebut dapat berbeda tergantung jenis pengambilan data kualitatif apa yang digunakan oleh peneliti.

Jenis Pengambilan Data Kualitatif

Metode kualitatif memiliki sejumlah jenis pengambilan data dalam penelitian kualitatif. Berikut ini jenis pengambilan data kualitatif yang bisa digunakan untuk menyesuaikan penelitian milikmu:

  • Etnografi

Etnografi adalah jenis pengambilan data kualitatif yang berkaitan dengan perilaku alami suatu budaya atau kelompok sosial dalam memahami kebudayaannya mereka. Etnografi biasanya digunakan jika penelitian yang dibahas berupaya mengamati perilaku seseorang atau suatu kelompok dengan lingkungan budaya masyarakatnya. Biasanya jenis pengambilan data etnografi membutuhkan waktu yang lebih lama karena diperlukan analisis dan dokumentasi yang cermat saat di lapangan.

  • Studi Kasus

Jenis pengambilan data metode kualitatif berikutnya adalah studi kasus, yaitu jenis yang membahas mengenai individu, kelompok, organisasi atau bahwa suatu program dalam upaya mendeskripsikannya secara utuh. Biasanya penggunaan metode studi kasus ini dilakukan pada permasalahan yang dianggap unik atau spesial dan tidak biasa. 

  • Studi Dokumen

Studi dokumen adalah jenis pengambilan data yang dilakukan dengan menganalisis dokumen atau memberikan interpretasi dari konteks bahan tulisan sebagai sumber data. Sejumlah sumber yang bisa digunakan dalam jenis metode ini seperti, majalah, surat kabar, koran, film, catatan sejarah dan lain sebagainya

  • Observasi

Observasi adalah pengambilan data kualitatif yang dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap seseorang atau sekelompok orang dalam situasi tertentu.  Observasi juga bisa dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, seperti peneliti yang terlibat langsung dengan objek penelitian, peneliti yang hanya mengamati tanpa terlibat, atau peneliti yang melakukan pengamatan secara diam-diam.

  • Grounded theory

Grounded theory adalah bagian dari metode kualitatif yang berfokus untuk membuat konsep baru dari sebuah data yang ditemukan di lapangan. Biasanya metode ini digunakan dengan tujuan memberikan pengembangan teori baru dalam menganalisis masalah yang terjadi.

  • Fenomenologi

Fenomenologi adalah jenis metode kualitatif yang digunakan dengan cara menjelaskan fenomena, kejadian atau pengalaman yang dimiliki seseorang secara sadar. Jenis penelitian ini bersifat alami dan biasanya berupaya menjelaskan atau memberikan interpretasi atas pengalaman informan.

Sekian penjelasan seputar metode kualitatif yang dapat kamu pahami mulai dari pengertian hingga sejumlah jenis pengambilan datanya. Pada intinya untuk melakukan penelitian dibutuhkan rumusan masalah dan tujuan mengenai hasil penelitian seperti apa yang hendak diraih, apa yang ingin diuji dan sebagainya. Hal ini dibutuhkan untuk menyesuaikan pemilihan metode dan pendekatan penelitian. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again