17 September 2012

by Amir Karimuddin

Penerus Seri Nexus Kembali Diproduksi oleh Samsung?

PocketNow merilis temuan tentang berkas XML yang mengindikasikan kemungkinan penerus Samsung Galaxy Nexus sebagai flagship phone Google. Diidentifikasi dengan kodenama GT-I9260, informasi lain yang diperoleh dari berkas tersebut adalah vendor Samsung, layar dengan rasio 1280x720 piksel, dan prosesor ARM11. Kode prosesor ini masih menjadi perdebatan karena ARM11 adalah model prosesor lama, sementara ARM Cortex A11 tidak ada (Galaxy Nexus menggunakan prosesor dual core A9). Nama yang dirumorkan untuk device ini adalah Galaxy Nexus II atau Nexus Plus.

Galaxy Nexus sendiri memiliki kodenama GT-I9250. Samsung kita kenal cukup rapi membuat pengkodean secara incremental. Jika memang benar pengganti Galaxy Nexus masih dipegang oleh Samsung, ini berarti selama tiga kali berturut-turut seri Nexus dipercayakan kepada partner terbesar Google ini. Sebelum Galaxy Nexus, kita masih ingat Nexus S yang sampai sekarang masih mendapat update terbaru OS Android, yaitu Jelly Bean.ย Seri Nexus yang pertama -- Nexus One -- dibuat oleh HTC, sementara tablet Nexus 7 dibuat oleh Asus.

Nexus S diperkenalkan bulan November 2010, sementara Galaxy Nexus diperkenalkan bulan Oktober 2011 dan dirilis ke publik sejak bulan November 2011. Kami perkirakan penerus seri Nexus akan diumumkan per bulan November mendatang.