1. Startup

East Ventures Suntik Pendanaan ke Compawnion, Pengembang Layanan Kesehatan dan Nutrisi Hewan

Compawnion mengawali perjalanannya dengan merilis produk makanan beku untuk anjing dengan brand "Pawmeals"

East Ventures menyuntik pendanaan awal ke Compawnion, startup kesehatan dan nutrisi hewan peliharaan dengan nominal yang dirahasiakan. Dana segar akan dialokasikan untuk meningkatkan distribusi, penelitian, pengembangan, hingga memperluas portofolio produk.

"Seiring dengan perkembangan industri hewan peliharaan, dedikasi Compawnion terhadap kualitas, inovasi, dan kesejahteraan hewan peliharaan tidak tertandingi. Kami percaya Stephanie, Tania, dan Valerie akan membuat terobosan dan menetapkan standar baru pada industri makanan dan kesehatan hewan," ucap Principal East Ventures Wesley Tay.

Compawnion didirikan pada 2020 oleh Stephani Herman (CEO), Tania Suganda (CMO), dan Valerie Amintohir (CPO) yang juga pemegang sertifikasi Advanced Canine Nutritionist pertama dari Indonesia. Ketiganya mengantongi pengalaman karier di bidang nutrisi anjing, trade marketing, strategi bisnis, dan branding.

"Dengan dukungan dari East Ventures, kami siap untuk memanfaatkan peluang besar pada pasar makanan hewan peliharaan yang berkembang secara pesat di Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada 'pawrents' dengan menyediakan makanan yang sehat dan segar untuk hewan peliharaan mereka," kata Co-Founder & CEO Compawnion Stephani Herman.

Para pendiri menyadari pasar makanan hewan peliharaan di Indonesia meningkatnya sejalan dengan populernya tren humanisasi hewan peliharaan. Pandemi Covid-19 juga ikut memicu peningkatan hewan peliharaan di mana banyak orang yang mencari pendamping peliharaannya selama pembatasan sosial.

Karena hal tersebut, permintaan terhadap produk hewan peliharaan, seperti makanan anjing yang sehat dan segar, ikut naik. Tren ini juga turut mengubah pasar makanannya karena para pemilik kini semakin memerhatikan kesejahteraan peliharaannya.

Compawnion mengawali perjalanannya dengan merilis produk makanan beku untuk anjing dengan brand Pawmeals. Makanan ini telah didistribusikan ke 13 kota di seluruh Indonesia, dan klaimnya telah mencapai pertumbuhan keuntungan lebih dari 10x lipat.

Menyusul kesuksesan Pawmeals, Compawnion kembali merilis brand baru UGO bagi pelanggan yang ingin mencari pilihan makanan anjing harian yang cepat dan sehat. UGO disebut sebagai salah satu pionir makanan anjing yang segar, bebas pengawet, dan tahan lama.

Adapun, Compawnion berkomitmen untuk menciptakan ekosistem hewan peliharaan yang komprehensif. Untuk itu, Compawnion akan memperluas portofolio produknya ke makanan anjing pada 2024. Saat ini, tim Compawnion tengah melakukan penelitian pasar secara mendalam dan melakukan pengembangan produk secara dinamis.

"Kami berkomitmen untuk memberikan standar baru dalam nutrisi hewan peliharaan, karena kami percaya hewan peliharaan kita pantas mendapatkan yang terbaik. Kami menciptakan diet segar yang sehat untuk hewan peliharaan, untuk mempromosikan kehidupan yang lebih sehat dan lebih bahagia bagi mereka." Tutup Chief Product Officer Valerie Amintohir.

More Coverage:

Mengutip survei dari Rakuten Insight Center terhadap 10.442 responden, sebanyak 67% memiliki hewan peliharaan, diikuti 23% tidak memiliki, dan 10% pernah memiliki. Survei ini juga mengungkap 42% pemilik hewan peliharaan menghabiskan pengeluaran lebih dari Rp100 ribu per bulan, lalu 38% menghabiskan Rp100-300 ribu per bulan, dan 14% menghabiskan Rp300-500 ribu per bulan.

Dari total pengeluaran tersebut, sebanyak 88% dialokasikan untuk makanan hewan peliharaan hingga camilan, sekitar 43% untuk barang yang berhubungan dengan kandang, dan 41% untuk produk perawatan dan kebersihan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again