Berita 

Pencarian Lewat Facebook Terus Bertumbuh

Pencarian Lewat Facebook Terus Bertumbuh

Posted by
Wiku Baskoro

March 15, 2010

Kemunculan kolom search yang lebih lebar beberapa waktu lalu yang berbarengan dengan perubahan tampilan homepage Facebook secara keseluruhan, ternyata membuahkan hasil. Seperti yang ditulis oleh GigaOM, perubahan ukuran serta letak kolom search ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pencarian lewat Facebook.

Rama kemarin mem-post tulisan tentang real time search dan hubungannya dengan social search. Perubahan serta kabar tentang pergerakan Facebook juga sudah pernah ditulis di DailySocial.

Data yang dilansir GigaOM berasal dari rilis data yang dikeluarkan oleh ComScore, dari data tersebut untuk bulan Februari dibandingkan pada bulan Januati, ternyata hanya Facebook yang mengalami pertumbuhan untuk expanded search query, Google serta mesin pencari lain tidak ada yang bertumbuh.

Kabar ini, seperti yang ditulis GigaOM akan memberikan indikasi positif bukan hanya bagi Facebook tapi juga bagi Bing, yang menyediakan hasil pencarian web untuk Facebook. Sedangkan saya sendiri jadi semakin penasaran, apakah kini orang sudah mulai memasukkan kata kata kunci untuk mencari sesuatu lewat social network? Dan mulai meninggalkan mesin pencari, terutama untuk kata kunci yang lebih personal yang bisa didapatkan dari pendapat teman.

Meski hasil pencarian lewat Facebook masih sangat jauh dibandingkan dengan Google, misalnya, tapi pertumbuhan ini bisa menjadi hal yang sangat menarik, karena jika biasanya Google itu di versus-kan dengan Apple, kini Google juga sering di versus-kan dengan Facebook yang sampai saat ini masih belum melakukan IPO, salah satunya dikarenakan memang belum membutuhkan dana, artinya Facebook masih mempunyai cukup dana untuk berkembang dan masih terus bisa bertanding dengan Google.

Apakah trend ini akan terus bertumbuh? Menurut saya iya, meski kekuatan search di social network masih kecil tapi jumlah user-nya sangatlah luas, ketika mereka bisa bertanya pada teman-teman mereka, bahkan mungkin yang tidak kenal tapi mau membantu, dan mendapatkan jawaban yang mereka inginkan, maka hal seperti ini yang bisa menggeser pola perilaku user dalam memperlakukan social network.

Bagaimana dengan pendapat anda, jangan lupa untuk share komentar anda.

Screenshoot diambil dari ComScore dan anda bisa melihat hasil lengkap dari ComScore di sini.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×