5 February 2013

by Amir Karimuddin

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Gunakan HTC Butterfly

Korea Utara semakin membuka diri ke pihak luar semenjak meninggalnya Kim Jong Il. Penggantinya, Kim Jong Un yang masih berusia muda berusaha untuk lebih melek teknologi, termasuk dengan kepemilikan telepon seluler. Opsi yang bisa dipilihnya terbatas, mengingat sejarahnya dengan Korea Selatan dan Jepang yang kurang baik. The Unwired View melaporkan bahwa Kim Jong Un tertangkap kamera menggunakan ponsel berwarna merah yang diyakini sebagai HTC Butterfly buatan perusahaan Taiwan HTC.

HTC Butterfly merupakan ponsel high end Android yang pertama memiliki layar 1080p. Densitas layarnya yang mencapai 440ppi membuatnya memiliki kerapatan lebih tinggi dibanding Retina Display, meskipun mata telanjang tidak akan bisa membedakannya. HTC Butterfly awalnya diusung di Jepang dengan nama J Butterfly, kemudian diadopsi ke pasar internasional menjadi Butterfly saja.

Sebelumnya Korea Utara telah membuat kejutan di mana orang asing yang berkunjung ke negara komunis tersebut tidak perlu lagi menyerahkan ponselnya di perbatasan. Chairman Google Eric Schmidt juga telah melakukan kunjungan bersejarah untuk mengajak Korea Utara di bawah kepemimpinan Kim Jong Un untuk lebih terbuka terhadap teknologi, termasuk Internet dan perangkat ponsel.