1. Startup

Pantau, Awasi, dan Laporkan Keganjilan Pemilu 2014 Dengan Aplikasi-Aplikasi iOS Ini

Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 sudah di depan mata. Proses demokrasi akbar ini memberikan kesempatan bagi rakyat untuk memilih calon-calon legislatif yang dianggap dapat mewakili aspirasinya di lembaga DPR dan DPRD. Menyambut datangnya Pemilu, para pengembang aplikasi mobile telah mulai menyediakan aplikasi-aplikasi yang mendukung semangat demokrasi dan membantu para warganegara untuk melaksanakan haknya.

Kami telah memilih lima aplikasi Pemilu versi Android dan sekarang saatnya untuk menyajikan aplikasi-aplikasi yang ada dalam platform iOS. Sayangnya sampai saat ini masih belum banyak aplikasi Pemilu yang tersedia untuk iOS. Berikut kami sajikan tiga aplikasi yang terkait Pemilu bagi platform milik Apple ini

Matamassa (Romsi Labora) Selain hadir dalam versi Android, aplikasi Matamassa juga hadir dalam versi iOS. Aplikasi ini diluncurkan 9 Januari 2014. Inilah aplikasi yang berfungsi untuk membantu mengawasi segala bentuk kecurangan Pemilu dan melaporkannya. Melalui teknologi mobile dan jaringan internet, laporan dapat disampaikan secara langsung dalam bentuk teks maupun foto yang bisa langsung di upload di aplikasi ini. Bisa dibilang, Matamassa adalah kanal publik untuk melakukan pengawasan bagi jalannya proses pemilu Caleg dan Presiden di daerah Jakarta dan sekitarnya.

BisaNyoblos (Thomas Arie Setiawan) Aplikasi ini diluncurkan baru-baru ini, sekitar dua hari yang lalu yakni 11 Maret 2014. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui statusnya sebagai pemilih sudah terdaftar atau belum cukup dengan memasukan nomor KTP untuk mengetahui status. Bila status ini sudah terdaftar, akan tampil informasi TPS tempat pengguna memilih. Aplikasi ini memang hanya memiliki satu fungsi, setidaknya untuk saat ini, namun kegunaannya jelas dalam membantu warganegara untuk mengetahui haknya terkait dengan pemilihan umum. Dengan begitu pengguna aplikasi ini dapat mengetahui apakah Ia harus melakukan tindakan lebih lanjut mengenai pendaftaran sebagai pemilih.

PLLN Kuwait (Dian Agus Triadi) Bagi warganegara Indonesia yang tinggal di Kuwait, aplikasi yang satu ini membantu pemilih dengan memberikan informasi seputar pemilu, mulai dari status pemilih (terdaftar atau tidak) hingga pendaftaran. Pemilih yang tinggal di Kuwait dapat melakukan pendaftaran Pemilu langsung melalui aplikasi ini dengan mengisi data diri lengkap. Informasi tanggal Pemilu, Caleg, hingga informasi 15 partai politik juga tersedia dalam satu aplikasi ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again