19 November 2012

by Amir Karimuddin

OS X 10.9 Bakal Integrasikan Siri dan Maps?

Menurut sumber-sumber yang dipercaya oleh 9to5mac, saat ini sedang dilakukan pengetesan terhadap OS X versi terbaru, OS X 10.9. Menariknya, beberapa fitur yang ada di iOS saat ini disebut-sebut bakal dimasukkan ke dalam Mac, yaitu Siri dan Maps. Jika mengikuti pola yang selama ini diterapkan oleh Apple, kita akan mendengar lebih jelas tentang OS X 10.9 sekitar tiga bulan lagi.

OS X terbaru, 10.8 yang menggunakan nama Mountain Lion, telah mengintegrasikan sejumlah fitur yang ada di iOS, sepertiĀ Notification Center, AirPlay, Dictation, Game Center, Reminders, Notes dan sinkronisasi dokumen iCloud. Dua fitur baru iOS ini memang mengundang kontroversi yang luas, termasuk dikaitkan dengan "dipecatnya" Scott Forstall sebagai bos iOS.

Bakal menarik mengamatai bagaimana kedua fitur ini diintegrasikan ke Mac karena sekarang baik Mac maupun iOS dikepalai oleh Craig Federighi. Siri dan Maps sendiri saat ini dipegang oleh Eddy Cue yang membawahi Internet Software and Services.

Belum ada kodenama yang disematkan untuk OS X 10.9. Seperti seri OS X yang lain, nama yang lazim digunakan adalah keluarga kucing besar, tapi nampaknya semakin sedikit pilihan nama spesies yang masih belum terpakai.