29 January 2016

by Glenn Kaonang

Opsi Kustomisasi Aplikasi Yahoo Mail Kini Semakin Lengkap

Pengguna bebas mengatur efek dari gesture swipe baik di versi Android maupun iOS-nya

Apa kabar aplikasi Yahoo Mail? Setelah sebelumnya menghadirkan integrasi layanan Gmail, aplikasi ini semakin dipandang sebagai salah satu email client terbaik di Android dan iOS, tidak kalah dari aplikasi Outlook besutan Microsoft.

Kesuksesannya merebut hati banyak pengguna tidak bakal disia-siakan begitu saja. Untuk itu, Yahoo harus rajin-rajin mengirim update yang membawa fitur-fitur baru pada aplikasi Yahoo Mail, baik di Android maupun iOS. Menjelang akhir bulan pertama tahun 2016 ini, mereka sudah siap dengan pembaruan yang cukup signifikan.

Dalam versi terbarunya, opsi kustomisasi yang ditawarkan kini semakin lengkap sampai ke navigasi gesture. Sebelumnya, pengguna memang sudah bisa mengusap ke kiri untuk menghapus email, atau ke kanan untuk menandai bahwa email tersebut sudah terbaca atau sebaliknya.

Namun sekarang fitur swipe itu tidak cuma terbatas pada menghapus atau menandai email saja. Lewat menu pengaturan, pengguna bisa mengakses opsi "Swipe actions", lalu mengatur aksi apa yang diinginkan untuk masing-masing gestureswipe; bisa untuk memberi tanda bintang, menandai sebagai spam, memindah ke folder lain, dan masih banyak aksi lainnya. Fitur kustomisasi gesture swipe ini tersedia di versi Android maupun iOS.

Selanjutnya, khusus untuk versi Android, aplikasi Yahoo Mail kini telah mendukung fitur notifikasi interaktif. Artinya, pengguna bisa bertindak cepat terhadap sebuah email yang masuk tanpa harus membuka aplikasi terlebih dulu. Misalnya ada email masuk dari bos selagi Anda sedang sibuk, Anda bisa langsung menyentuh tombol "Star" pada notifikasi agar tidak lupa untuk melihatnya lagi nanti.

Untuk versi iOS, Yahoo telah memperbarui sistem attachment sehingga pengguna bisa lebih mudah menemukan dan mengirim ulang attachment yang mereka terima, baik itu foto maupun berbagai jenis dokumen. Di atasnya, juga terdapat kotak pencarian agar pengguna tak perlu berlama-lama mencari attachment yang mereka terima baru-baru ini.

Fitur-fitur baru aplikasi Yahoo Mail ini sudah bisa dinikmati dengan mengunduh versi terbarunya melalui App Store atau Google Play.

Sumber: Yahoo 1, 2.