1. Startup

Opera Mobile 10 Telah Tiba Untuk Symbian, Mari Berseluncur!

Opera Mobile, salah satu browser untuk perangkat mobile yang paling populer di Indonesia telah secara resmi meluncurkan versi 10 (beta). Mungkin beberapa dari anda ada yang bingung antara Opera Mobile dengan Opera Mini,  mari saya bantu. Opera Mini adalah perangkat lunak berbasis Java dan dapat berjalan di hampir semua smartphone yang mendukung Java. Sedangkan Opera Mobile adalah produk browser Opera yang ditujukan khusus untuk beberapa perangkat tertentu seperti Symbian dan Windows Mobile.

Untuk anda yang kurang puas dengan kinerja browser default bawaan smartphone anda, silahkan coba gunakan Opera Mobile dan bandingkan. Opera Mobile 10 (beta) yang baru dirilis ini berjalan di platform S50 (Symbian60/Nokia) yang sudah didukung beberapa smartphone besutan Nokia seri E dan seri N. Pada dasarnya Opera Mobile 10 (beta) ini tidak terlalu berbeda jauh dengan Opera Mini 5 (beta) yang dirilis beberapa bulan lalu.

Saya sendiri menggunakan Opera Mini 5 (beta) di handheld Nokia saya dan cukup puas dengan kinerjanya, menggantikan browser default bawaan dari E63 yang prosesnya cukup lambat dan dengan interface yang sangat standard. Tampilan merupakan salah satu pertimbangan saya dalam memilih Opera Mini 5 (beta) dibanding browser bawaan E63 dan Opera Mini 4. Meskipun begitu masih ada beberapa bug yang seperti belum diperbaiki di Opera Mini 5 (beta) seperti pengenalan karakter spesial yang masih kurang dan beberapa bug lainnya.

Dengan interface yang diperbaiki dan penambahan beberapa fitur lainnya, Opera Mobile 10 diharapkan bisa meningkatkan range market pengguna mobile yang selama ini memang sangat populer di Indonesia. Di Opera Mobile 10 (beta) ini anda bisa menikmati beberapa fitur seperti tabbed browsing, touch-friendly keyboard, faster zooming, 50% lebih cepat dalam mengunduh halaman web dan juga dukungan Opera Turbo yang merupakan fitur baru yang diperkenalkan di Opera 10. Opera Turbo memberikan pengalaman browsing yang lebih cepat karena data yang anda unduh disimpan (cached) di server Opera sehingga lebih cepat ketika anda mengaksesnya lain waktu.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Atau anda punya pengalaman dengan mobile browser?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again