1. Startup

Opera Optimis Opera Coast Bisa Sukses di Indonesia

Sementara ini eksklusif untuk platform iOS, tim Opera Coast segera keluarkan versi Android tahun ini

Bagi Opera Software, Indonesia adalah negara yang penting bagi kesuksesan Browser Opera Mini. Indonesia adalah salah satu negara pengguna Opera Mini terbesar di dunia. Tidak heran jika pihak Opera juga menganggap penting Indonesia dalah konteks pemasaran Opera Coast untuk juga lebih dekat kepada pengguna Indonesia. Saat ini menurut Head of Opera Coast Huib Kleinhout, pihak sedang mengembangkan versi Android-nya.

Opera Coast sendiri adalah browser yang dikembangkan tim Opera untuk iPad sejak 2012 lalu dengan cita-cita ingin menjadi browser yang optimal di perangkat tablet. Kini browser ini bisa berjalan di perangkat iPhone (4 ke atas), iPad (2 ke atas) serta iPod Touch (5 ke atas), dengan sistem operasi minimal iOS7.

Saat berkunjung ke kantor DailySocial, Kleinhout menyatakan idealisme proyek ide utama Coast adalah menghilangkan kompleksitas serta interface yang tidak perlu. Termasuk mengunduh aplikasi mobile yang ruang penyimpanan di ponsel, sekaligus harus berkali-kali meng-update versi terbarunya.

"Teknologi ke depan akan makin sedikit data yang tersimpan di perangkat, semua data akan langsung disimpan iCloud," terangnya

Pengguna Coast juga pasti sudah melihat bahwaOpera Coast bisa dibilang hampir tanpa elemen interface, kecuali tombol home di bawah layar. Hampir seluruh interaksi dengan browser ini dilakukan dengan swipe kiri atau kanan. Yang paling kelihatan tentu saja Opera Turbo yang memungkinkan pengguna untuk mengkompresi halaman web sehingga pengguna bisa menghemat biaya paket data dan fitur Discover News Feed.

"Ada banyak konten yang tersebar di Internet, bila Anda tidak tahu yang ingin dicari, ada situs-situs rekomendasi," tambahnya.

Menurut Kleinhout, Opera Coast di Indonesia saat awal kemunculannya mendapatkan sambutan baik. Opera Coast, menurutnya, menawarkan fitur-fitur yang cocok dengan kebiasaan penguna Indonesia dalam browsing. Saat melihat data pengguna dari Indonesia, Kleinhout cukup kaget betapa banyak pengguna Indonesia yang rutin mengkonsumsi berita-berita dari browser mereka.

"Pengguna Indonesia sangat unik, sebab mereka sangat suka membaca berita, terutama saat Pemilu tahun lalu. Selain itu, pengguna Indonesia kebanyakan anak muda usia 18 hingga 25 tahun, yang sangat ingin tahu sesuatu yang terbaru dan sedang tren," lanjutnya.

Menyadari tak banyak pengguna iOS di Indonesia, Kleinhout mengatakan timnya saat ini sedang bekerja mengembangkan Opera Coast versi Android. Ia mengatakan, "Tahun ini, namun kami belum bisa memastikan kapan. Saat ini kami sedang mendengarkan banyak umpan balik dari pengguna dan memastikan aplikasi tersebut bekerja dengan baik untuk jaringan di sini."

Opera Coast optimis dapat memenangkan hati pengguna Indonesia, sebab mereka telah berada di industri ini sejak awal. "Kami juga sangat passionate dengan yang kami kerjakan," ujarnya.

Selain terus melakukan hubungan baik dengan pihak operator telekomunikasi, Opera Coast juga melakukan pendekatan kepada komunitas-komunitas di Indonesia, termasuk kampanye mengelar kontes di media sosial. Umpan balik yang didapat dari kampanye ini diklaim pihak Opera Coast sangat memuaskan, sebab mereka juga mendapatkan banyak masukan dari penggunanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again