1. Startup

OpenKurir Luncurkan Aplikasi OngkosKirim di Platform BlackBerry

OngkosKirim, sebuah layanan comparison harga pengiriman dari berbagai perusahaan pengiriman barang, baru-baru ini mengumumkan di blog OpenKurir tentang diluncurkannya aplikasi mobile untuk platform BlackBerry, baik untuk BlackBerry Phone maupun BlackBerry PlayBook dan sudah dapat diunduh secara gratis di BlackBerry App World. Perlu pembaca ketahui, OngkosKirim sendiri adalah sebuah produk dibawah bendera OpenKurir.

OpenKurir sendiri adalah sebuah layanan kurir lokal yang menyediakan berbagai macam layanan kurir seperti ambil-antar barang/makanan, beli barang/belanja, antar-jemput penumpang (anak sekolah/karyawan), tour guide, etc. Pada awalnya OpenKurir sendiri akan diluncurkan pada bulan Juni 2011, namun hingga bulan Desember 2011 belum siap diluncurkan perihal operasional dan manajemen yang belum matang. Sembari menunggu OpenKurir diluncurkan, Revandi M selaku founder dari meluncurkan OngkosKirim sebagai salah satu produk dari OpenKurir.

Sedikit flashback tentang OngkosKirim, layanan ini pernah membuka akses API eksklusif bagi para pemain e-commerce maupun developer yang sedang mengembangkan e-commerce untuk diintegrasikan ke layanan mereka. Salah satu layanan yang mengintegrasikan API OngkosKirim adalah LakuBgt.com, sebuah e-commerce platform di Facebook yang pernah kami bahas beberapa waktu yang lalu.

Bagi para pembaca yang menggunakan BlackBerry - baik itu BlackBerry smartphone maupun BlackBerry PlayBook - dan akan melakukan pengiriman barang di kota yang dituju, aplikasi mobile OngkosKirim ini sangat membantu anda untuk membandingkan harga pengiriman berbagai perusahaan pengiriman barang.

Baru-baru ini saya berkesempatan mencoba aplikasi OngkosKirim ini pada BlackBerry Phone dan BlackBerry PlayBook. Aplikasi dikedua handset tersebut cukup simple, dan untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut pastikan bahwa handset anda sudah terhubung dengan internet. Menurut saya pribadi dengan adanya aplikasi mobile OngkosKirim, pengguna yang ingin melakukan pembandingan harga pengiriman sebelum melakukan pengiriman barang, sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi ini tanpa perlu repot-repot untuk mengakses ke websitenya terlebih dahulu.

Pada artikel di blog OpenKurir menyebutkan bahwa aplikasi mobile OngkosKirim pada BlackBerry PlayBook terdapat tambahan fitur auto suggest untuk penentuan lokasi/kota asal dan tujuan dengan database internal yang menyediakan data 6007 lokasi/kota.

Lalu, Apa rencana selanjutnya OpenKurir dalam mengembangkan OngkosKirim? Di artikel yang sama menyebutkan bahwa tim OpenKurir juga sedang mempersiapkan versi mobile web untuk OngkosKirim yang juga akan dirilis dalam waktu dekat ini, dan selanjutnya akan dirilis aplikasi mobile untuk platform Android, Blaast dan iOS.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again