1. Startup

Nida Rooms Sambangi Indonesia dan Malaysia

Mengklaim sebagai Virtual Host Operator (VHO) pertama di Asia Tenggara, sudah memiliki 300 rekanan hotel di Indonesia

Indonesia kembali kedatangan aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk memesan hotel. Nida Rooms. Aplikasi mobile Nida Rooms ini merupakan virtual host operator (VHO) yang diklaim menjadi pertama di Asia Tenggara. Melalui Nida Rooms pengguna bisa dengan mudah melihat ribuan kamar dengan harga yang terjangkau lengkap dengan fasilitas hotel, harga, dan lokasi hotel di berbagai destinasi pilihan di Indonesia dan Malaysia.

Saat ini Nida Rooms telah memiliki 300 hotel rekanan di Indonesia. Mengedepankan kenyamanan pelanggan dengan mengusung tagline “A Good Night. Every Night” Nida Rooms tampaknya bisa menjadi pesaing serius aplikasi sejenis. Terlebih menurut pihak Nida Rooms saat ni seluruh kamar yang disediakan Nida Rooms dilengkapi dengan wifi, hot shower, AC, dan aminities.

Co-Founder & Chief Executive Officer Nida Rooms Kaneswaran Avili mengatakan "Ide membuat bisnis model Nida Rooms tercetus berdasarkan pengalaman pribadi, dimana sangat sulit menemukan hotel yang menawarkan layanan maksimal dengan harga yang terjangkau di Asia Tenggara. Nida Rooms merupakan layanan pemesanan berbasis smartphone yang menawarkan beragam pilihan hotel di lokasi yang strategis, harga yang terjangkau serta pemesanan instan.”

Model bisnis VHO pada dasarnya mirip seperti internet aggregator pada layanan taxi dan pengiriman makanan pada umumnya. Nida Rooms diklaim menjadi VHO yang pertama di dunia dan di Asia Tenggara. Pada tahap awal di Indonesia, Nida Rooms mengungkapkan akan berfokus pada hotel kelas menengah dan bawah yang memiliki lokasi strategis.

Mengenai operasional bisnis di Indonesia, Anna E Dartania, Country Director PT Global Rooms Indonesia yang membawa operasonal Nida Rooms di Indonesia, mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara tujuan utama yang terus berkembang.

“Kami telah memiliki kamar hotel di berbagai wilayah strategis di Indonesia, seperti; Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bali, Bandung, Kalimantan dan Sulawesi. Hingga akhir kuarter pertama tahun 2016, Nida Rooms akan hadir di setiap kota di Indonesia dengan menawarkan pelayananan kamar yang maksimal bagi setiap pelanggan, kapanpun dimanapun. Kami menargetkan untuk memasarkan lebih dari 2 juta kamar hotel setiap tahunnya di Indonesia pada akhir kuarter pertama tahun depan.”

Lebih lanjut Anna menambahkan bahwa Nida Rooms Indonesia berharap dapat menjadi motor perubahan dan mendorong pertumbuhan bisnis perhotelan di Indonesia melalui layanan berbasis mobile. Wisatawan asing akan lebih mudah untuk memesan dan mendapatkan konfirmasi pemesanan boutique hotel mereka di berbagai lokasi, seperti di Kuta atau Legian.

Dalam tahap awal atau dalam kurun waktu 18 bulan ke depan Global Rooms akan menginvestasikan modal sebesar Rp 100 miliar untuk mendukung operasional Nida Rooms. Selain Indonesia, Nida Rooms juga hadir di Malaysia dan juga merencanakan untuk melakukan ekspansi ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Filipina dan Singapura bulan depan.

Dennis Melka, Chairman, Global Rooms Limited mengungkapkan bahwa beroperasi di Asia Tenggara, dalam hal ini Indonesia dan Malaysia, merupakan awal yang bersejarah bagi Nida Rooms.

“Kami menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan model Internet aggregator untuk industri perhotelan secara internasional dan pada bulan depan kami akan menjadi pemain utama untuk wilayah Asia Tenggara, yang dihuni oleh lebih dari 550 juta orang. Kami akan terus memperluas jangkauan kami secara global di berbagai negara yang minim pemasaran untuk segmen bisnis perhotelan kelas bawah dan menengah,” ujarnya.

Saat ini aplikas mobile Nida Rooms sudah bisa diunduh langsung di Google Play, sementara pengguna iOS harus sedikit bersabar sebab Nida Rooms akan tersedia di App Store dalam waktu dekat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again