Berita  Opini 

New Stream Audio Web App: Stereo 8

New Stream Audio Web App: Stereo 8

Posted by
Wiku Baskoro

November 17, 2009

stereo8Internet memudahkan siapapun, tidak terkecuali pemusik dan pemain band. Kini band-band indie membanjiri MySpace dan Last Fm untuk mempromosikan musik mereka. Beberapa dari band-band yang ada di dua situs itu, sama sekali tidak punya album tapi lagu-lagu mereka sangat keren. Saya sendiri adalah pengemar Last Fm, karena menyediakan banyak sekali musik indie yang seru.

Salah satu yang paling menyenangkan dalam bekerja dengan internet bagi banyak orang adalah musik. Stereo 8 adalah sebuah new comer dalam dunia stream audio. Situs ini menyediakan stream lagu-lagu langsung lewat browser.

Memang ada Yahoo!Music, yang juga menyediakan streaming lagu-lagu dari radio online. Tapi yang menarik dari Stream 8 adalah lagu yang diputar merupakan hasil pilihan user. Selain bisa mengirim lagu, user juga bisa memilih lagu apa yang akan diputar selanjutnya. Juga ada banyak pilihan genre musik pop, dance, hip-hop, rock/alternatif.

Situs ini, menurut para pembuatnya Jean-Daniel Tanguay dan Pierre Tanguay, dua bersaudara yang tergabung dalam Molecube, dibuat hanya 8 hari.

Memang kini ada Tuberadio yang memungkinkan user untuk share video dari YouTube, dan membuat playlist sendiri atau StonedCollege asal Indonesia atau Kentang Radio yang streaming lewat Facebook. Tapi ditengah kejayaan user generated content, fasilitas untuk mengirim dan memilih lagu yang akan diputar tentu memberikan kesenangan tersediri.

Tapi, memang apapun yang berhubungan dengan streaming masih menjadi masalah besar di Indonesia. Saya mencoba beberapa kali Stream 8 ini tapi streamingnya putus-putus, tidak seperti YouTube meski streamingnya juga sering makan waktu tapi masih bisa di replay atau tidak seperti Yahoo!Music yang lebih nyaman didengar.

Agak kesal juga jika saya harus menunggu akses internet dinegara ini bisa jadi lebih baik, tapi dengan berkembangnya Asia dan juga Indonesia sebagai daerah tujuan perusahaan berbasis Internet. Mudah-mudahan streaming nantinya berubah menjadi sesuatu yang tidak membosankan lagi.

Musik dan internet adalah perpaduan yang nyaris sempurna, bagaimana pendapat anda?

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×