1. Startup

New On Facebook And Seesmic Upcoming Feature

Facebook merupakan social networking yang sangat populer, itu kita tidak perlu meragukannya lagi, berbagai fasilitas up load yang variatif yang disediakan Facebook mampu membuat para user tetap diam di depan layar komputer mereka memberi komentar, termasuk bermain game atau meng up load foto.

Untuk yang terakhir ini, Facebook punya pengumuman bagi para user yang doyan untuk up load foto, melalui blog developer mereka, Facebook mengumumkan untuk merubah ukuran terbesar up load foto yang bisa dilakukan oleh user dari 604 pixels menjadi 720 pixels. Tidak terlalu signifikan memang, tapi ketika kita berbicara tentang aplikasi gratis, perubahan kecil mungkin bisa berdampak besar, lagi pula perkembangan ini bisa menjadi pertanda tentang bagimana Facebook memandang aplikasi foto ini, siapa tau ada perubahan signifikan yang akan mereka lakukan di waktu mendatang.

Namun, seiring dengan berita gembira bagi para penikmat foto upload, Facebook juga ternyata mengumumkan berita lain, yaitu pengurangan ukuran profile picture, dari 200 x 600 pixels menjadi 180 x 540 pixels (wide x high).

Dua perubahan ini sudah diberlakukan sejak tanggal 20 Januari untuk limited user dan selama 3 minggu ke depan secara perlahan akan bisa dinikmati oleh user umum. Sebelum anda mencoba fitur baru ini ada beberapa penyesuaian yang harus anda lakukan yang berhubungan dengan aplikasi foto di Facebook, untuk lebih jelas ada bisa lihat di sini.

Berita lain hadir dari Seesmic. Anda tentu ingat dengan Seesmic, aplikasi streamreader yang dikelola oleh CEO Loic Le Meur ini merupakan salah satu dari beberapa streamreader apps yang paling populer dan paling adaptif atas perkembangan konten real time di dunia internet.

Jika anda berkunjung ke situs mereka, maka anda akan mendapatkan sebuah pengumuman tentang beberapa aplikasi yang akan dimunculkan oleh Seesmic, beberapa aplikasi baru ini akan diluncurkan hari kamis waktu US.

Tidak ada kisi-kisi atau rumor yang cukup jelas yang tampil di situs utama mereka, sedangkan di blog resmi mereka, Seesmic memberi sedikit gambaran bahwa perubahan nanti merupakan perubahan tentang user experience yang baru, apa dan bagaimana itu, sepertinya kita harus menunggu sampai fitur baru itu resmi diluncurkan.

Sampai saat ini, saya sendiri masih menggunakan HootSuite disamping web Twitter sendiri, aplikasi lain sudah saya tinggalkan karena beberapa fitur yang tidak mereka sediakan. Sebagai seorang penulis tentu saya membutuhkan aplikasi yang menunjang kinerja saya, seperti fitur tweet later, fitur yang memungkinkan mengelola beberapa akun secara bersamaan serta Twitter list adalah fitur yang, bagi saya mesti ada di streamreader apps. Beberapa aplikasi memang telah ada di Seesmic tapi aplikasi yang saya perlukan seperti tweet later, belum saya temukan di Seesmic, setidaknya untuk Seesmic Web.

Sebenarnya saya tertarik dengan aplikasi Seesmic Desktop, karena di klaim cukup ringan dan tidak memakan memori komputer terlalu besar, tapi berkali-kali mencoba meng-install Seesmic desktop tidak berhasil, saya menyerah. Sedangkan aplikasi desktop seperti TweetDeck yang mengambil cukup banyak memori karena aplikasinya yang berbasis Adobe Air membuat saya berhenti memakainya.

Seperi yang ditulis TechCrunch, ada kemungkinan perkembangan baru ini ada hubungannya dengan dunia bisnis, tapi selama aplikasi itu belum diluncurkan resmi, kita hanya bisa menebak dan menganalisis serta mereka-reka dari apa yang pernah dilakukan Seesmic pada waktu sebelumnya.

Ok, kita lihat nanti hari Kamis, aplikasi baru seperti apa yang akan diberikan Seesmic pada usernya, dan apakah ini akan meningkatkan penggunaan Seesmic atau tidak. Dan kita tunggu apakah perbubahan ukuran foto di Facebook akan berpengaruh pada pola perilaku user mereka secara signifikan.

Anda punya pendapat tentang dua berita diatas, jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again