Berita 

MySpace Umumkan Logo Baru

MySpace Umumkan Logo Baru

Posted by
Wiku Baskoro

October 11, 2010

MySpace mengumumkan perubahan pada logo mereka. Kalau Anda sebelumnya mengenal tampilan logo MySpace yang berbentuk ikon manusia setengah badan ditambah dengan teks MySpace menggunakan huruf Arial, kini logo baru MySpace tampil dengan huruf ‘my’ menggunakan jenis huruf Helvetica ditambah dengan simbol yang menggambarkan ‘space’.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, logo baru MySpace ini ditampilkan ada konferensi Warm Gun Design di San Fransisco, dan dikatakan oleh pihak MySpace, logo ini dibuat dengan filosofi bahwa MySpace merupakan sebuah platform yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk menjadi apa pun yang mereka inginkan, dan MySpace memutuskan untuk memberikan sebuah ruang pada para pengguna untuk melakukan hal tersebut.

Ruang yang diberikan oleh MySpace pada para penguna ini ditempatkan pada simbol yang menggambarkan ‘space’, nantinya ruang kosong disebelah huruf ‘my’ pada logo baru MySpace ini akan diisi oleh user generated artwork yang akan muncul ketika pengguna menggeser tetikus pada logo baru MySpace ini.

Berikut perbandingan tampilan logo MySpace yang lama dengan yang baru:

Jika ruang kosong disebelah ‘my’ diisi oleh artwork tampilanya akan menjadi seperti ini:


Kebetulan ketika pertama kali mengetahui perubahan logo dari MySpace ini, saya sedang berada dengan salah satu teman saya, seorang ilustrator serta desainer logo, kami berbicara sedikit tentang logo baru MySpace ini. Meski jika dilihat sepintas eksekusi logo baru MySpace ini terkesan sederhana, namun jika dari konsep atau filosofinya, sebetulnya cukup keren juga, kombinasi antara kata ‘my’ dengan ruang kosong yang bisa diisi oleh artwork dari masing-masing pengguna mencerminkan personalisasi, bahwa MySpace adalah si pengguna itu sendiri dan ini akan membuka ruang untuk interaksi yang lebih intens antara merek dan penguna sendiri, nuansa interaktif juga hadir dimana artwork akan muncul ketika pengguna menggeser tetikus pada logo.

Yang agak sulit mungkin ketika kita akan menuliskan logo tersebut menjadi teks, kata MySpace tidak akan terasosiasi secara langsung dengan logo mereka, dan yang perlu dilihat adalah eksekusi dari logo ini di situs MySpace, serta berbagai elemen desain pada layanan MySpace.

Logo baru ini memang belum muncul pada situs MySpace, seperti yang dituliskan oleh TheNextWeb, logo ini akan muncul bulan depan, sedangkan TechCrunch menuliskan bahwa logo ini akan muncul pada situs MySpace yang akan mengalami pembaruan desain tampilan pada akhir tahun ini.

Selain sebagai sebuah layanan jejaring sosial, MySpace cukup populer pada awal kemunculannya bagi para pemusik untuk mempromosikan band atau musik mereka, termasuk bagi para pemusik dari Indonesia, kini situs untuk mempromosikan musik juga bertambah, salah satunya seperti Last.fm dan untuk situs lokal kini ada Tonehighway.com, dan alternatif pilihan bagi pengguna pun semakin banyak. Ditengah persaingan antara jejaring sosial, peremajaan memang sepertinya jadi salah satu jalan untuk membuat layanan yang diberikan tetap relevan bagi perkembangan dan kebutuhan dari para pengguna.

Apakah Anda pengguna MySpace? Bagaimana pendapat Anda tentang logo baru MySpace ini?

Sumber berita dan gambar: TechCrunch dan TheNextWeb.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×