1. Startup

[Music Monday] Apakah Konsumen Pada Umumnya Peduli Tentang Legalitas Musik Digital?

Sebelum saya masuk ke pembahasan di artikel ini, supaya menjadi jelas - sebagian besar referensi bersifat anekdot; saya tidak memiliki hasil survei atau penelitian untuk jadi bahan referensi, tetapi saya pikir hal yang akan saya bahas diamini oleh kebanyakan konsumen hiburan digital - tidak banyak dari kita, termasuk saya, berpikir tentang aspek legal dari sesuatu yang kita ingin dengar/liat/putar. Karena pernah bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan hak kekayaan intelektual untuk beberapa waktu, saya menghindari konten bajakan dan selalu berusaha untuk menemukan cara legal untuk mendapatkan musik, film dan perangkat lunak. Full disclosure - saya mencoba 'adil' dalam mengunduh dan mendapatkan konten dari torrent, saya sering mengunduh acara TV yang belum disiarkan di Indonesia, dan kadang-kadang film yang terlewat untuk ditonton di bioskop. Saya bukan orang suci.

Saya akui bahwa saya menghindari musik dan perangkat lunak bajakan karena saya tau apa yang ada dibalik prosesnya dan bagaimana mereka mendapatkan uang. Saya juga merasa lebih sedikit bersalah (meski tetap merasa bersalah) ketika mengunduh acara TV dan film karena saya juga tahu bagaimana mereka mendapatkan pemasukan (di luar dari pendapatan bioskop, mereka mendapatkan pemasukan dari royalti di muka, bagian pendapatan dari iklan, bagian dari layanan TV kabel, dan masih banyak lagi). Saya mungkin akan menuliskan tentang hal ini di lain waktu…tetapi intinya adalah: Saya pernah berada dalam industri ini. Bagaimana dengan para konsumen pada umumnya?

Musik sebelumnya bisa dinikmati dengan mudah. Jika Anda ingin mendengarkan sebuah lagu, Anda menunggu lagu tersebut diputar di radio atau TV dan kemudian mencari albumnya untuk dibeli jika Anda suka. Dulu, saya tidak peduli apakah musik itu legal atau tidak - saya akan merekam lagu dengan kaset ketika lagu tersebut diputar di radio, sehingga saya bisa mendengarkannya lain waktu. Siapa yang tidak melakukan hal seperti ini zaman itu? Rekaman campuran yang lebih teknis dibuat dari berbagai sumber untuk kesenangan personal; dan ada selalu ada satu orang di sekolah yang menjual mix tape. Apakah kita peduli itu legal atau tidak? Tidak. Kita hanya ingin mendengarkan musik yang kita mau secara mudah.

Saat ini, internet bisa dibilang adalah platform distribusi musik paling efektif, baik ilegal maupun legal. Berbagai toko musik online dan situs musik ilegal menggunakan internet untuk menghantarkan musik pada siapapun yang membayarnya, di manapun di dunia (dengan sedikit keterbatasan untuk layanan legal). Dan yang mengejutkan - konsumen pada umumnya tetap tidak peduli dengan legalitas. Upaya untuk meningkatkan kesadaran bahwa musisi bergantung pada musik legal untuk pemasukan mereka menemukan jalan buntu, terutama ketika mereka melihat para musisi memamerkan Bentley mereka di acara infotainment. Karena persepsi adalah segalanya, banyak orang tidak menyadari bahwa pemilik mobil Bentley tidak umum di industri musik, dan musisi tersebut benar-benar bergantung pada royalti penjualan musik sebagai sumber pemasukan mereka.

Dan tentu saja, banyak orang mengunduh musik ilegal - setidaknya, ilegal dari mata label musik - karena lebih mudah dan membutuhkan biaya lebih sedikit. Ada perbedaan antara orang yang bangga karena membeli tas atau sepatu bermerk asli, dengan musik orisinal. Dalam produk fisik, perbedaan pada kualitas adalah jelas, namun untuk produk audio, bagi sebagian besar orang tidak, terutama jika Anda membandingkan file musik secara berdampingan, dengan spesifikasi bitrate yang sama, yang satu legal dan yang satu lagi tidak. Dan itu pun jika kita berpendapat bahwa kualitas audio adalah hal nomor satu yang jadi perhatian bagi pengguna umum.

Saya selalu memuji Nokia Music dalam menghadapi hal ini, - lebih mudah dan sepertinya lebih murah, karena untuk konsumen, musiknya gratis, dan Nokia telah menangani semua hal berkaitan dengan royalti untuk label musik dan artis. Music Box dari Esia juga adalah layanan yang termasuk murah dan mudah untuk mendapatkan musik, yang model bisnisnya direplikasi oleh Langitmusik Hits (meskipun tidak begitu mudah, kerena mereka harus mendukung lebih banyak jenis ponsel). Ada pula program bundle musik lain dari Nexian dan Ti-Phone dalam satu tahun terakhir.

Saya telah mengatakan sebelumnya dan saya akan mengatakannya lagi - buatlah sesederhana dan semudah mungkin untuk mendapatkan musik secara legal. Mempromosikan aspek legal dari layanan musik digital adalah kegiatan yang membuang tenaga - simpanlah hal tersebut untuk pemerintah dan pemilik serta pembuat konten. Anda tidak bisa melawan pembajakan karena pembajakan bukanlah tentang hal melawan hukum, tetapi berkaitan tentang kenyamanan dan permintaan. Menyebarkan kesadaran akan musik legal adalah sebuah usaha yang baik, tetapi pengguna kebanyakan akan lebih bereaksi pada bagaimana caranya mendapatkan musik dengan mudah.

Ario bekerja di industri musik Indonesia dari tahun 2003 sampai 2010, ia kini bekerja di industri film dan TV di Vietnam. Anda bisa follow akunnya di Twitter – @barijoe atau membaca blog-nya di http://barijoe.wordpress.com.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again