Opini 

Mungkinkah Menyusun Daftar Angel Investor Versi Lokal?

Mungkinkah Menyusun Daftar Angel Investor Versi Lokal?

Posted by
Wiku Baskoro

March 2, 2010

Jika membicarakan startup di bidang internet, kita sering berkutat pada startup list, saya sendiri mencoba membuat daftar ini di Listorious khusus untuk startup lokal, saya juga pernah menemukan akun Twitter yang mengkhususkan diri untuk mendata daftar startup lokal.

Beberapa situs juga menjadi semacam buku tamu untuk para startup dari seluruh dunia, seperti YouNoddle, D.I.Y Startup News, KillerStartup. Kemudian saya menemukan sebuah artikel yang ditulis VentureHack dan terlintas sebuah ide, kenapa tidak dengan daftar angel investor lokal ?

Memang ada perbedaan karakter dari investor dan angel investor, untuk startup yang memang mencari investor, memang rasanya lebih pas jika ditemukan dengan angel investor, tapi di tingkat lokal istilah angel investor sepertinya masih bercampur baur dengan investor ‘biasa’.

Startup lokal kini semakin banyak, kemarin ketika saya menghadiri FOWAB, aura positif startup terasa sekali, passion serta keahlian dan kemauan untuk belajar terus juga sudah dimiliki para pengunjung yang datang di sana, lalu acara Bancakan 2.0 yang kemarin saya ‘tonton’ live tweett-nya, juga membuat ekosistem yang sudah ada akan semakin terbentuk lagi, belum lagi berbagai acara yang berhubungan dengan startup yang terus berkembang, seperti Barcamp dll.

Investor memang terkadang menjadi makhluk yang menyeramkan, apalagi bisnis startup internet masih seperti alien yang kadang untuk menjelaskan istilah startup pada investor saja sudah butuh kerja keras, salah satu artikel yang saya baca tentang founder Tokopedia juga mengindikasikan bahwa edukasi yang dilakukan oleh para startup tidak hanya melulu ke konsumen atau user tetapi ternyata para investor pun harus diberikan berbagai edukasi dan informasi tentang lika-liku dunia startup internet.

Intinya, jika daftar startup bisa disusun maka daftar angel investor/investor pun mulai bisa diusahakan disusun, sehingga bagi para startup yang membutuhkan dan mencari para investor bisa mencari di tempat yang pas. Pemerintah juga kabarnya mulai mengusahakan untuk membentuk semacam startup capital, tapi toh kita juga tidak bisa mengandalkan pemerintah saja, karena bidang kreatif industri juga cukup banyak dan pemerintah pun punya cakupan bidang yang cukup luas.

Saya juga penasaran sebenarnya, apakah daftar angel investor/investor khusus untuk para startup internet ini sudah ada atau belum di tingkat lokal, saya mencoba searching dari berbagai aplikasi tapi belum menemukan daftar ini, kalo untuk startup list, Listorius dan beberapa situs diatas juga sudah mencantumkan daftar startup list lokal.

Salah satu alasan saya menulis artikel ini juga sebenarnya ingin mencoba membuka ruang diskusi tentang angel investor/investor. Daftar ini bisa disusun, misalnya dari para startup lokal yang sudah duluan menerima modal, bisa share siapa saja yang berkenan disebutkan namanya untuk di data dan dimasukkan dalam angel investor list atau investor list, tergantung sistem seperti apa yang diinginkan oleh para investor, siapa tau ada startup lokal yang tertarik dan sedang mencari investor juga sebaliknya, ada investor yang sedang mencari bidang investasi baru. Ini jadi semacam ‘market place’ untuk investasi.

Meski saya sendiri sadar, bahwa sistem pembiayaan di sini memang masih belum sempurna dan ada beberapa policy yang menyebabkan sistem pembiayaan tidak seperti yang semudah di negara maju. Tapi untuk tipe angel investor sepertinya lebih bisa kompromi, tapi tentu saja menemukan investor jenis ini cukup sulit, butuh edukasi seperti yang telah disebutkan di atas.

Tapi toh, beberapa hal besar dimulai dari hal kecil, beberapa hal besar dimulai dari mimpi, dan saya bermimpi Indonesia juga nantinya punya berbagai lembaga investasi yang berfokus pada pembiayaan para startup.

Nah, artikel in hanya sebagai appetizer, tentu akan tidak lengkap tanpa pendapat para pembaca DailySocial, dan pertanyaan ‘mungkinkah menyusun daftar angel investor versi lokal pun akan saya tanyakan juga para para pembaca DailySocial, jangan lupa untuk share pendapatnya pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×